Skip to main content
×

Cara Berternak Burung Cucak Ijo

Cara Sukses Berternak Burung Cucak IjoBanyak yang menerka bahwa melaksanakan ternak burung cucak ijo yaitu hal yang sangat tidak mungkin, hal ini di karenakan cucak ijo bahagia di habitat aslinya & sangat jarang sekali orang yang berhasil menangkarkan burung indah ini. Di dunia ini hampir tidak ada yang tidak mungkin, para sahabat harus terus mencoba untuk mencapai keberhasilan itu. Sebenarnya memungkinkan sekali untuk berternak burung cucak ijo ini, yu kita simak tips untuk ternak burung cucak ijo di bawah ini:





1. Memilih indukan
Yang paling penting dalam berternak burung cucak ijo yaitu harus memakai indukan yang berkualitas. Indukan dengan histori pernah memerankan lomba akan menghasilkan bawah umur yang manis juga. Dalam menentukan indukan pastikan yang jantan berusia diatas 2 tahun sedangkan yang betina diatas 1 tahun sudah cukup. Indukan yang sahabat pilih haruslah lincah, sering berkicau, tidak cacat fisik sama sekali & memiliki tubuh yang proporsional besar & panjang.

2. Perjodohan
Setelah menemukan indukan yang tepat, saatnya perjodohan. Dalam melaksanakan penjodohan, sahabat akan sedikit kesulitan alasannya yaitu biasanya burung cucak ijo akan sulit di jadikan satu sangkar untuk pertama kalinya. Cara yang sempurna untuk melaksanakan penjodohan dalam ternak cucak ijo yaitu memisahkan kedua cucak ijo yang akan di jodohkan kedalam sangkar yang berbeda. Kemudian dekatkan kedua sangkar biar kedua burung cucak ijo saling mengenal. Jika sudah rukun & cocok dengan ciri-ciri cucak ijo betina mau merespon cucak ijo jantan, sahabat sudah sanggup menjadikannya satu sangkar dengan teknik khusus. Sobat harus menciptakan sebuah sangkar yang terdapat sekat yang sanggup dilepas, satukan kedua burung kedalam sangkar terpisah antar sekat tersebut, ketika sudah tidak ada reaksi saling menyakiti silahkan sahabat lepas sekat pembatas itu.

3. Kandang
Ukuran sangkar yang paling ideal untuk penjodohan yaitu sangkar dengan tinggi 2,5 meter & lebar 3 meter. Didalam sangkar beri pepohonan menyerupai sawo, belimbing atau mangga. Jangan lupa untuk menyediakan daerah pakan, daerah minum, daerah mandi, tangkringan & juga daerah tinggal yang terbuat dari batok kelapa.

4. Pakan
Pakan untuk burung cucak ijo tidaklah sulit, cukup diberi makan dengan nutrisi yang baik menyerupai voer, cacing, serangga & buah-buahan. Lebih manis lagi kalau sahabat memperlihatkan vitamin pemanis pada minumnya.


Itulah beberapa cara berternak burung cucak ijo, semoga artikel ini sanggup bermanfaat untuk para sahabat semuanya, dan ada sedikit semboyan dari kami untuk kita semua, tentunya kita tidak ingin anak cucu kita tidak sanggup melihat burung ini di kemudian hari, maka dari itu kita jangan hanya memiliharanya saja tapi juga kalau sanggup kita kembang biakan biar burung yang masih di alam liar sana tidak begitu diburu untuk kita pelihara. Terimaksih atas kujungannya, salam dari kami, sukses selalu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar