Cara Menjinakan Burung Ciblek

Ok para teman hobiku, kali ini saya aka membahas cara menjinakan burung ciblek, yang mana memang kita ketahui bila kita menangkap burung dari hutan sangatlah bernafsu alasannya tentu kebebasannya sangatlah terbatas di dalam sangkar, burung ciblek harus berada dalam kandang yang tentu ruang geraknya tidak sebebas di habitat aslinya, dan ini akan menjadikan stres tingkat tinggi dan juga belum terbiasa dengan kuliner yang sering kita sebut voer, terang berbeda dengan kuliner yang ada di habitatnya.


Tapi para teman tidak perlu awatir ketika para teman membeli burung ciblek dari pedagang yang memang mendapatkannya dari hutan dan burung ciblek masih belum jinak. Berikut cara menjinakan burung ciblek:

  • Siasat dalam derma pakan- Pemberian pakan pada burung ciblek sanggup menjadi salah satu cara semoga burung ciblek gampang jinak. Caranya dengan mengkosongkan kuliner dalam kandang pada ketika menjelang malam dan biarkan hingga pagi hari. Tujuannya yakni semoga burung ciblek kelaparan di pagi harinya, nah pada ketika itulah para teman mencoba memberi makan bueung ciblek teman berupa ulat hongkong putih dengan memakai lidi, bila masih belu mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun bila hingga pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah ulat hongkong di kawasan makan dalam kandang dan tinggalah. Lakukan itu setiap hari hingga burung ciblek tidak takut lagi dengan sobat. Tujuan dari taktik ini semoga burung ciblek merasa kelaparan sehingga beliau harus membutuhkan insan (Pemiliknya) untuk mendapat makanan.
  • Menaruh kandang di kawasan yang ramai- Burung ciblek yang liar atau tangkapan hutan akan takut dan terbang kesana-kemari ketika melihat manusia, itu merupakan salah satu hal yang masuk akal alasannya belum terbiasa betemu keramaian dan berjumpa manusia. Untuk menjinakan burung ciblek liar atau tangkapan dari hutan, teman sanggup menggantang kandang burung ciblek di lokasi yang ramai atau banyak orang yang beraktivitas atau lalulalang, jangan kawatir alasannya dengan proses ini melatih mentalnya juga. Setelah terbiasa melihat orang burung ciblek akan hening dengan sendirinya.
  • Dimandikan hingga lembap kuyup- Burung ciblek liar akan merasa selalu takut terhadap manusia, cara yang ketiga ini yakni salah satu tips yang paling ampuh untuk kalangan semua burung semoga jinak dan tidak takut lagi pada pemiliknya atau insan lainnya, memang cara ketiga ini cukup extrem alasannya teman akan merasa cemas dan takut burng teman akan mati tapi para teman tak perlu kawatir alasannya cara ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menjinakan burung ciblek dan burung lainnya, banyak para kicau mania memakai cara ibarat ini alasannya disamping menjinakan dengan cara ini pula semoga burung tidak stres tingkat tinggi. Setelah teman memandikan burung dengan lembap kuyup burung akan merasa lapar sekali , disini kesempatan teman untuk memberi pakan dengan tangan, berikan ulat hongkong yang sudah berwarna putih berikan dengan tangan, apabila burung ciblek belum mau mengambil dari tangan teman biarkan saja, coba terus, jangan menyerah. Ketika burung ciblek teman sudah mau mengambil kuliner dari tangan teman itu yakni ciri burng ciblek sudah mulai jinak, lakukan pemandian lembap kuyup ini pagi dan sore, lakukan secara rutin dan dengan kesabaran.

Mungkin cara di atas ini cukup menekan pada burung teman dan cukup extrem tapi jangan kawatir alasannya ini sebuah proses penjinakannya, kalau belum jinak dan terbiasa di kandang burung ciblek teman tidak akan menjadi petarung dan tidak akan berbunyi malahan akan berdampak stres tingkat tinggi. Semoga cara di atas ini sanggup bermanfaat untuk para teman hobiku semua. Salam kicau mania.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel