Skip to main content
×

Cara Ternak Burung Pleci Di Rumah

Halo teman Kicausejati.com, kali ini kami akan mengulas Cara Ternak Burung Pleci di Rumah. Semoga ulasan kami dibawah ini senantiasa menambah wawasan kita ya, yuup pribadi saja.

 kali ini kami akan mengulas Cara Ternak Burung Pleci di Rumah Cara Ternak Burung Pleci di Rumah

Burung Pleci, Salah satu burung yang banyak digemari karna keindahan suaranya yang bervariasi dengan bentuk badan mungil dan elok. Burung tersebut merupakan burung pleci atau yang mempunyai nama lain (Burung Kacamata) yang mempunyai nama latin Zosterops.

Untuk ternak burung pleci sendiri sebetulnya gampang-gampang susah, alasannya tergantung kita menentukan indukan dan bereksperimen supaya perjuangan kita ini dalam berternak mulus tanpa adanya kendala apapun.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Untuk cara ternak burung pleci ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dan wajib untuk dilaksanakan supaya kita dapat berhasil dalam menjalankan hal ini. Hal-hal yang harus diperhatikan ialah :
  1. Indukan burung pleci yang sudah dewasa (kira-kira usia pleci indukan harus sudah 1 tahun)
  2. Sangkar penangkaran lengkap dengan daerah sarang dan materi sarang
  3. EF (Extra Fooding) 
Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk cara ternak burung pleci.

Siapkan sangkar penangkaran - Hal yang pertama harus Anda siapkan untuk ternak burung pleci ialah sangkar penangkaran, entah itu sangkar penangkaran untuk menjodohkan indukan terlebih dahulu dan sangkar penangkaran untuk proses ternak. Sebaiknya persiapkan kedua jenis sangkar tersebut.

Untuk sangkar penangkaran untuk menjodohkan sebaiknya gunakan sangkar gantung yang dapat untuk burung pleci menyerupai biasanya. Sedangkan untuk sangkar penangkaran proses ternak burung pleci, Anda dapat menentukan beberapa tipe sangkar sebagai berikut :
  • Sangkar gantung (untuk Anda yang hanya ingin ternak kecil-kecilan)
  • Sangkar kotak menyerupai sangkar untuk ternak kenari (untuk Anda yang ingin ternak besar)
Jika sudah mempersiapkan sangkar penangkaran, selanjutnya..

Memilih Indukan - Setelah sangkar penangkaran disiapkan, selanjutnya Anda harus menentukan indukan yang cantik dan berkualitas, untuk indukan burung pleci yang cantik ialah menentukan usia yang cukup, sekitar 1 tahun atau lebih. Mengapa harus 1 tahun? alasannya jikalau indukan berusia kurang dari 1 tahun, kemungkinan besar Anda akan gagal dalam hal ternak burung mungil ini. Jika sudah mendapat indukan yang cukup umur, hal yang tak kalah penting lainya ialah membedakan mana jenis pleci jantan dan betina.

Untuk cara membedakan jantan dan betina burung pleci Klik Disini

Cara menjodohkan pleci - Setelah menentukan indukan dan membedakan jenis kelamin pleci, kini kita tinggal pribadi saja untuk memasukan indukan tersebut ke sangkar penangkaran untuk proses penjodohan, dan mulai menjodohkan pleci. Masa penjodohan ini berlangsung selama kurang lebih 1 - 2 ahad dengan mendekatkan sangkar jantan dan betina. Dalam masa ini, berilah EF (Extra Fooding) makanan perhiasan berprotein tinggi menyerupai kroto dan ulat Hongkong (kandang).

Setelah didekatkan selama 2 minggu, silahkan pisahkan sangkar betina dan jantan dan jauhkan jangan hingga terlihat satu sama lain. Hal ini untuk mengetes seberapa besar tingkat birai indukan. Ciri indukan yang birahi dapat dilihat dengan tingkah laris jantan yang gelisah dikala dipisahkan dengan betina, begitupula dengan sang betina. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka Anda hampir berhasil dalam menjodohkan indukan pleci ini.

Kesimpulannya :
Hal diatas kemungkinan akan menciptakan Anda berhasil dalam ternak burung pleci, namun dapat berkemungkinan gagal juga, tergantung Anda mencermati kembali langkah-langkah di atas dan jikalau terjadi kegagalan, Anda mau untuk mencoba kembali. Inti dari kesimpulan ini ialah jangan pernah berhenti untuk berusaha untuk mewujudkan hasrat yang ingin Anda capai.

Demikianlah, semoga ulasan kami di atas ini senantiasa menambah wawasan kita semua, terimakasih sudah berkujung, jikalau ada yang ingin ditanyakan silakan tinggalkan kompentar Anda di kolom komentar dibawah ini. Salam Kicausejati.com. Sukses selalu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar