Skip to main content
×

Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Manfaat daun sirih untuk burung berkicau- Daun sirih yaitu tanaman orisinil Indonesia, yang mulai turun menurun biasa dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai obat antiseptik tradisional untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Manfaat daun sirih bukan hanya untuk manusia, melainkan dapat juga kita manfaatkan kepada burung peliharaan. Seperti yang kita ketahui penyakit pada burung banyak disebabkan oleh virus, kuman & jamur. Ketiga hama tersebut niscaya ada disekitar kandang bila kita jarang menjaga contoh kebersihan kandang pada burung tersebut. Namun timbulnya ke tiga hama tersebut bukan hanya di karenakan kita malas membersihkan kandang saja, melainkan ada juga pemicu lain semisal saling tukar kerodong, penukaran sangkar, saling tukar tempat pakan & jawaban penyebaran lewat udara. Karna intinya ke tiga hama tersebut gampang menular & berkembang.

Manfaat daun sirih untuk burung berkicau Manfaat Daun Sirih Untuk Burung Berkicau

Penyakit pada burung yang kerap dialami jawaban hama di atas ialah kutuan, kaki bubulan & bunyi serak. Ketiga penyakit tersebut bila dibiarkan tanpa ada penanganan maka akan berdampak jelek bagi burung peliharaan kita kedepannya.

Burung yang terkena kutu -biasanya malas berkicau, kesehariannya burung selalu sibuk menggaruk-garuk badannya sehingga menyebabkan bulu rusak & rontok bukan pada waktunya. Burung yang terserang kutu juga merusak penampilannya, sehingga kurang anggun di pandang mata.

Kaki bubulan -pada burung memicu burung sulit untuk bertengger & selalu berada di bantalan sangkar. Jika dibiarkan saja lama-kelamaan akan menyebabkan kelumpuhan.

Sedangkan bunyi serak -pada burung jawaban kuman & jamur yang menyerang pada tenggorokan. Rasa sakit dikala burung berkicau akan menciptakan burung tersebut diam permanen apanila tanpa ada penanganan yang cepat.

Pada kesempatan kali ini kami akan menyebarkan tips kesehatan bagi burung berkicau dengan materi utama daun sirih. Sebelum teman menerapkan alanhkah baiknya teman baca dengan teliti terlebih dahulu langkah-langkah yang akan kami sampaikan berikut ini:

PENYEMBUHAN BURUNG YANG KUTUAN

Siapkan 3 lembar daun sirih yang sudah bau tanah dengan ciri-ciri warna hijau kecoklatan, kemudian teman basuh hingga bersih. Rebus 3 lembar daun sirih tersebut kedalam panci atau wadah merebus lainya dengan 3 gelas air bersih. Lamanya merebus usahakan hingga 5 menit selama air mendidih. Setelah akhir diamkan dulu hingga terasa dingin. Tuangkan air rebusan daun sirih kedalam sepray atau semprotan buat memandikan burung. Mandikan burung dengan air sirih tersebut dua kali dalam sehari (pagi & sore). Jika burung sudah berair kuyup namun air rebusan masih ada, teman dapat semprotkan pada kawasan kandang semisal jeruji, tangkringan & bantalan kandang biar kuman yang menempel pada kandang juga dapat hilang. Sobat tidak perlu kuatir bila air rebusan daun sirih terkena mata & terminum oleh burung, lantaran daun sirih banyak mengandung zat alami yang baik untuk kesehatan & juga tidak beracun bagi burung. Lakukan dengan rutin cara diatas biar burung teman terhindar dari kutu & menciptakan bulu burung tumbuh dengan anggun kembali.

Jika teman menggunakan keramba untuk memandikan burung usahakan porsi daun sirih untuk adonan air di seimbangkan, misalkan teman mau mengisi air pada keramba sebanyak 10 gelas, maka daun sirih untuk adonan sebanyak 10 lembar.

PENYEMBUHAN KAKI BURUNG BUBULAN

Siapkan 6 lembar daun sirih & basuh hingga higienis biar lebih higenis. Rebus ke 6 lembar daun sirih tersebut kedalam 1 gelas air. Lamanya perebusan di usahakan air dalam panci yang semula satu gelas hingga tersisa setengah gelas. Jika sudah akhir tuang pada wadah yang sudah teman siapkan, campurkan setengah sendok garam beryodium kemudian aduk hingga larut semuanya. Diamkan terlebih dahulu air rebusan daun sirih namun jangan hingga terasa dingin, melainkan hingga terasa hangat.

Cuci kaki burung sambil lakukan pemijatan lembut pada kaki burung yang bubulan tersebut dengan air rebusan daun sirih selagi masih hangat. Lakukan cara ini minimal satu kali dalam sehari hingga kaki burung benar-benar sembuh dari bubulan.

Dalam proses penyembuhan ini alangkah baiknya bila tangkringan dalam kandang basuh higienis setiap hari & diganti satu ahad sekali. Kelembaban kandang juga harus dijaga, setiap hari kandang selalu di jemur pada terik matahari pribadi biar tetap kering.

PENYEMBUHAN SUARA SERAK

Siapkan 4 lembar daun sirih, jahe sebesar ibu jari, 1 lembar daun mengkudu yang masih muda, kemudian basuh terlebih dahulu ke tiga materi tersebut. Rebus 2 gelas air higienis dengan besar api sedang, sehabis mendidih tuangkan ketiga materi di atas namun sebelum di tuang jahe di peyet terlebih dahulu. Lamanya perebusan cukup 10 menit saja, bila sudah akhir tuangkan pada wadah & diamkan hingga dingin. Cara proteksi pada burung usahakan menggunakan inisiatif biar burung senantiasa meminumnya.

Misalnya: ketika burung lagi dijemur, satu jam sebelum burung mau digantang dalam ruangan air minum dalam kandang teman ambil terlebih dahulu. Intinya buat burung merasa haus kemudian boleh teman berikan air rebusan itu.

Perlu di ingat untuk inisisatif ini perlu teman pantau biar burung tidak merasa kehilangan cairan tubuh berlebihan yang berakibat fatal.

Demikian artikel ini kami bagikan, semoga menjadi bermanfaat untuk para teman Kicausejati semua. Salam sukses selalu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar