Skip to main content
×

Mengenal Burung Kolibri Yang Kecil Tapi Indah

Kicausejati.com - Burung kolibri (Hummingbrids) ialah burung paling kecil di Dunia dan tentunya sangat indah dengan bulu-bulunya yang metalik. Burung kolibri memakai paruhnya sebagai senjata dikala bertarung dan menghisap nektar bunga-bunga, meski pemakan nektar, burung kolibri tidak sanggup mencicipi manisnya gula.


Seekor burung kolibri memiliki sekitar seribu bulu yang bergemerlapan sehingga sanggup memantulkan dan memancarkan sinar warna - warni yang sanggup berubah ketika burung bergerak menyerupai minyak pada air. Kolibri ialah penerbang yang ulung dengan gerakan sayap yang sangat cepat, satu detik mencapai 12 - 80 kali kepakan.

Seorang peneliti dari Universitas California berjulukan Christopher Clark melaksanakan pengamatan untuk mengukur kecepatan burung kolibri betina, Christopher mengambil gambar memakai kamera super cepat sehingga sanggup menangkap setiap gerakan dari burung kolibri. Ia berhasil mendapat 500 gambar yang berbeda dalam satu detik. Karena kolibri terbang sangat cepat, maka ia membutuhkan tenaga yang cukup besar dan untuk mendapat energi yang besar seekor kolibri membutuhkan asupan masakan yang berkalori tinggi menyerupai nektar atau cuilan dari inti sari bunga yang dihisap dengan paruhnya yang kecil


Jenis kolibri berparuh panjang mendapat makanannya dengan cara menghisap madu menyerupai biasa, namun untuk varietas lain, kolibri akan mengebor sebuah lubang menembus pangkal bunga ke dalam madu kemudian menghisapkan paruhnya dalam lubang tersebut. Cara kolibri yang menyerupai itu juga sanggup membantu bunga untuk menyerbukan silang, sebab biasanya serbuk sari akan terbawa pada kepala atau paruh kolibri dan kemudian berpindah dari satu bunga ke bunga yang lain.

Suara burung kolibri jarang terdengar, hal ini sebab bunyi merupakan bunyi dengungan yang dibentuk oleh sayapnya. Selama isu terkini perkawinan, kebanyakan jenis jantannya menyatakan perasaan dengan kicauan bangga menyerupai terbang mondar - mandir di depan sang betina. Beberapa jenisnya bahkan memiliki nyanyian merdu dengan kekuatan yang menakjubkan. Sedangkan betinanya untuk menarik perhatian dari jantan, mereka akan terbang berkelompok dengan kecepatan tinggi dan kemudian melaksanakan akrobat di udara, menyerupai halnya pada pesawat tempur..hehehe...

Burung kolibri hanya bertelur 2 buah dengan warna putih higienis tanpa ada bercak sama sekali. Telur tersebut ditempatkan di dalam sarang yang dibentuk secara terampil dari bulu halus flora atau terikat pada tempatnya jaring laba-laba. Sisi luar sarang biasanya berhiaskan lumut kerak dan sedikit lumut daun. Ada beberapa ratus spesies yang berbeda dari burung kolibri, yang semuanya sanggup melayang-layang di udara di kepala bunga sehingga mereka sanggup mengumpukan nektar dari bunga tersebut. Mereka juga satu-satunya spesies burung yang sanggup terbang mundur, sendi pundak yang fleksibel dan gerakan sayap yang cekatan membantu merka menguasai manuver udara.

Ok teman Kicausejati, hingga disini dulu ya, semoga ulasan kami di atas ini senantiasa menambah wawasan kita semua. Terimakasih telah berkunjung, salam Kicausejati...
Download Mp3 Suara Burung Di Bawah Ini :

Beberapa Suara Burung Untuk Masteran
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar