Skip to main content
×

Mengenal Burung Pergam Boke

 Burung yang masih termasuk dalam keluarga burung merpati ini dikenal juga dengan nama int Mengenal Burung Pergam Boke
Pergam Boke, Halmahera Maluku © Chikara Otani
Burung Pergam Boke mempunyai nama latin Ducula basilica. Burung yang masih termasuk dalam keluarga burung merpati ini dikenal juga dengan nama internasionalnya Cinnamon-bellied Imperial Pigeon.

Burung ini mempunyai badan yang cukup besar. Panjang tubuhnya sekitar 42 cm, dengan kepala berwarna pucat, bab bawah tubuhnya berwarna merah-karat keemasan, serta bab ujung ekornya berwarna abu-abu lebar.

Habitat burung pergam boke antara lain di wilayah hutan primer, hutan yang rusak serta tempat lahan budidaya yang mempunyai jumlah pepohonan yang jarang dengan ketinggian permukaan tanah sampai 1.040 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung pergam boke ialah di Kepulauan Maluku. Burung endemik Maluku ini terbagi dalam 2 subspesies yang terpisahkan menurut tempat penyebarannya, yaitu (1) basilica Bonaparte, hidup di wilayah Maluku Utara yang mencakup Morotai, Kasiruta, Halmahera, Ternate dan Bacan, dan (2) obiensis yang hidup di wilayah Obi, Maluku Tengah.

Menurut data IUCN, populasi burung pergam boke berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar