Perbedaan Burung Kutilang Sutra Jantan Dan Betina

Meski termasuk ke dalam keluarga burung kutilang, namun jenis burung kutilang sutra lebih gampang perawatannya bila dibanding dengan jenis kutilang lainnya. Selain itu, dari segi performa burung kutilang sutra juga masih lebih unggul dibanding yang lain. Kutilang sutra mempunyai warna bulu yang indah dengan paduan warna hijau di serpihan badan dan hitam di serpihan kepalanya, yang menciptakan kehadiran burung ini selalu dinanti-nanti pecintanya.

Meski termasuk ke dalam keluarga burung kutilang Perbedaan Burung Kutilang Sutra Jantan dan Betina
Sebagai burung kicauan, tidak sanggup dipungkiri bahwa burung kutilang sutra termasuk burung yang sedikit peminatnya. Ini dikarenakan hampir setiap jenis burung kutilang masih dianggap sebagai burung pengganggu, khususnya bagi yang kicaumania yang sedang mempersiapkan jagoannya di ajang lomba burung kicauan. Padahal bahwasanya burung kutilang sutra ini berbeda dari jenis kutilang lainnya. Kutilang sutra sangat cocok untuk dijadikan isian/masteran bagi burung lain menyerupai kacer dan cucak ijo. Kaprikornus mulai kini jangan anggap sepele dengan kutilang sutra.

Buat kicaumania yang ingin memelihara burung ini, sangat disarankan untuk menentukan burung kutilang sutra yang berjenis jantan. Sebab hanya burung kutilang sutra jantan sajalah yang bisa menghasilkan bunyi yang merdu. Nah, semoga tidak salah pilih, maka Anda perlu mengetahui perbedaan burung kutilang sutra jantan dan betina, alasannya yakni secara fisik kutilang sutra jantan dan kutilang sutra betina hampir menyerupai satu sama lain.

Berikut ciri burung kutilang sutra jantan dan betina:

  • Kutilang Sutra Jantan. Ciri khas burung kutilang sutra jantan sanggup dilihat dari bulunya. Bila warna bulunya hitam mulai dari tengkuk hingga ke leher dan kepala berarti burung tersebut yakni jantan. Selain itu kicauan burung kutilang jantan juga lebih merdu dan mempunyai ragam bunyi bila dibandingkan yang burung betina. Dan secara fisik juga sanggup terlihat jikalau burung kutilang sutra jantan mempunyai postur yang lebih besar bila dibandingkan dengan kutilang sutra betina. 
  • Kutilang Sutra Betina. Untuk kutilang sutra betina warna bulu tidak secerah burung jantan, malah warna hijau pada bulunya lebih mendominasi. Dari postur tubuhnya pun burung kutilang sutra betina, lebih kecil bila dibandingkan dengan jantannya. Dan meskipun kutilang sutra betina bisa berkicau, namun bunyi tidak semerdu kutilang sutra jantan.
Demikianlah perbedaan burung kutilang sutra jantan dan betina, dengan mengetahui ini Anda bisa lebih selektif dalam memilih. Untuk artikel selanjutnya, kami akan bagikan tips merawat kutilang sutra jantan semoga cepat gacor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel