Tips Jitu Menentukan Bakalan Cucak Rowo Berkualitas

Setiap CR mania niscaya menginginkan gacoan yang berkualitas semoga bisa bersaing di ajang kontes burung kicuan. Yah itulah fakta yang banyak ditemui bagi mereka yang menyayangi burung ini. Lalu bagaimana cara memilih bakalan burung cucak rowo yang berkualitas bila pilihannya yakni muda hutan dan anakan/piyik?

Setiap CR mania niscaya menginginkan gacoan yang berkualitas semoga bisa bersaing di ajang ko Tips Jitu Memilih Bakalan Cucak Rowo Berkualitas
Beberapa pakar CR pernah menjelaskan bahwa bergotong-royong cucak rowo muda hutan dan piyik, mempunyai kelebihan dan kekurang tersendiri. Jika yang dipilih yakni bakalan cucak rowo muda hutan, maka berdasarkan sifat aslinya burung ini akan lebih sulit untuk dijinakkan dan masih membawa bunyi orisinil yang berasal dari habitatnya. Namun untuk cucak rowo piyik kelebihannya burung ini lebih gampang dijinakkan namun tidak mempunyai bunyi yang khas sehingga perlu dilakukan pemasteran.

Akan tetapi, banyak CR mania yang menganjurkan untuk menentukan bakalan burung curak rowo yang di sanggup dari hutan (muda hutan). Walaupun masih liar, namun burung bakalan ini mempunyai keinginan yang besar untuk menghasilkan bunyi yang anggun sehingga akan menghasilkan burung cucak rowo roppel yang sesuai dengan harapan

Selain itu burung cucak rowo yang berkualitas juga sanggup di lihat dari ciri-ciri fisiknya, meskipun bukan menjadi patokan, akan tetapi berdasarkan pengalaman dari pada CR mania, bentuk fisik besar lengan berkuasa terhadap masa depan cucak rowo tersebut.

Berikut tips jitu menentukan bakalan cucak rowo berkualitas dari ciri-ciri fisiknya:

  • Perhatikan bentuk kepala bakalan cucak rowo, kalau terlihat agak bundar dan besar, serta dahi menonjol berarti burung punya kualitas yang bagus.
  • Memiliki paruh yang panjang, tebal serta kokoh.
  • Memiliki lubang hidung yang tidak terlalu lebar dan terlindung oleh bulu hidung.
  • Leher burung terlihat panjang dan pada bab pangkal lehernya agak mengembang.
  • Untuk kualitas bunyi yang bagus, pilih yang mempunyai dada bidang serta punggung yang sedikit bongkok.
  • Untuk bab kaki, lihat juga penampakan tulang paha kiri dan kanan, pilih yang terlihat merapat. Selain itu pilih juga burung yang mempunyai cengkraman kuat dengan melihat panjangnya jari kaki cucak rowo.
  • Idealnya cucak rowo mempunyai badan yang besar dan panjang, dan juga mempunyai bulu sayap yang panjang.
  • Untuk bulu dadanya, pilih juga yang terasa lembut dan terlihat mengkilap.
  • Terakhir pilih cucak rowo yang mempunyai bulu ekor yang panjang dan mengumpul, makin ke ujung makin runcing dan mengecil.
Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk menentukan bakalan cucak rowo yang berkualitas. Mungkin bagi pemula hal ini akan terasa sulit, sehingga butuh waktu untuk mengenalinya dilapangan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel