Tips Jitu Perawatan Burung Kenari Mabung

Mabung atau moulting merupakan suatu proses alami pada hampir semua jenis hewan yang ditandai dengan rontoknya bulu-bulu teruma burung. Mabung pada burung kicauan terjadi alasannya yakni bertambahnya usia (dewasa) burung sehingga bulu-bulu yang usang tergantikan oleh bulu yang baru. Moulting biasanya terjadi di bab kepada, leher, dan sayap. Namun ada juga yang mengalami kerontokan di bab ekor sepeti pada burung kenari.

 atau moulting merupakan suatu proses alami pada hampir semua jenis hewan yang ditandai Tips Jitu Perawatan Burung Kenari Mabung
Perawatan burung kenari mabung sebetulnya hampir sama dengan jenis burung lainya. Perawatan burung kenari yang sedang moulting harus dilakukan dengan baik, tujuannya biar bulu-bulu yang semula rontok sanggup tumbuh kembali dengan sempurna. Keberhasilan proses mabung tergantung dari perawatan yang Anda lakukan, jadi Anda perlu melaksanakan perawatan dengan serius.

Burung kenari yang mabung metabolisme tubuhnya cenderung mengalami peningkatan hingga dengan 40% dari keadaan badan normal. Maka dari itu burung kenari mabung membutuhkan asupan nutrisi atau masakan dengan porsi yang lebih besar dari biasanya, sehingga kebutuhan nutrisi burung kenari sanggup tercukupi. Burung kenari yang mabung juga mengalami peningkatan stres yang cukup tinggi, jadi jauhkan burung dari burung sejenisnya biar proses mabung tidak terganggu. Untuk perawatan lengkapnya simak tips-tips dari seorang master burung kenari ini.

Inilah tips jitu perawatan burung kenari mabung:

  • Jauh burung yang mabung dari tempat-tempat yang ramai menyerupai dari kemudian lintas kendaraan dan manusia. Jika berdekatan dengan burung dari jenis lainnya, Anda sanggup mengkrodong burung kenari mabung biar burung tidak terganggung.
  • Mandikan burung kenari mabung maksimal 1x seminggu, kemudian lanjutkan dengan penjemuran setidaknya 30 menit/hari.
  • Beri pakan menyerupai biasa namun dengan porsi yang lebih banyak, selain itu Anda wajib memperlihatkan pakan perhiasan berupa biji nijer seed, kombinasi sayuran dan buah-buah segar, yang sangat berkhasiat untuk pembentukan sel-sel gres pembentuk bulu.
  • Anda juga sanggup memperlihatkan perhiasan vitamin dan mineral yang ditambahkan pada air minum. Pemberian vitamin/ mineral ini cukup diberikan 2x seminggu saja.
  • Selama proses mabung Anda sanggup melaksanakan pemasteran. Karena pada masa ini burung lebih damai dan cenderung membisu sehingga sangat cocok untuk dilakukan pemasteran untuk memunculkan abjad bunyi burung kenari yang khas.
Keberhasilan mabung ini ditandai dengan burung kenari yang merontokkan semua bulu-bulunya sendiri. Dari situ kemudian akan tumbuh bulu-bulu yang gres dan sehat dengan ukuran yang hampir sama. Jika itu terjadi, berarti perawatan yang Anda lakukan sudah benar. Selain itu untuk mempercepat masa mabung burung kenari, Anda sanggup membaca tips jitu lainnya disini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel