Tips Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan Dan Betina Trotolan

Burung cucak ijo trotolan maupun yang sudah remaja memang agak sulit untuk dibedakan jenisnya, terkecuali bagi para kicau master mungkin untuk mengetahui cucak ijo jantan dan betina tidak terlampau sulit alasannya sanggup diketahui hanya dengan melihat karakteristik burung tersebut.

 maupun yang sudah remaja memang agak sulit untuk dibedakan jenisnya Tips Membedakan Burung Cucak Ijo Jantan dan Betina Trotolan
Burung ucak ijo jantan remaja mempunyai ciri yang menonjol yaitu pada dagu dan tenggorokannya terdapat bulu berwarna hitam, sedangkan pada burung cucak ijo betina remaja hanya ada bulu berwarna hijau pada dagu dan tenggorokannya. Berbeda dengan cucak ijo trotolan yang berumur sekitar 2-4 bulan, bentuk fisik cucak ijo jantan dan betina hampir sama serta warna bulunya sama yakni hijau muda.

Bagi pemula tentunya akan sedikit sulit untuk membedakan burung cucak ijo jantan dan betina trotolan, alasannya secara kasat mata keduanya hampir mirip. Nah berikut ialah tips untuk membedakan burung cucak ijo jantan dan betina trotolan yang kami himpun dari kicau master.
  • Trotolan burung cucak ijo jantan yang masih dibawah usia 4 bulan, mempunyai warna kuning pada alis yang melingkar di kedua di matanya, atau terlihat menyerupai sedang menggunakan kacamata kuning. Sedangkan untuk cucak ijo betina trotolan, warna alisnya lebih terlihat berwarna putih.
  • Warna paruh bab bawah pada burung cucak ijo jantan trotolan, berwarna coklat bau tanah yang cukup jelas, sedangkan pada burung cucak ijo betina trotolan, paruh berwarna putih. 
  • Khusus untuk trotolan cucak ijo yang berumur 4-6 bulan, di leher betinanya terdapat warna kuning, yang usang kelamaan akan berkembang menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan untuk cucak ijo jantan trotolan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol berwarna hitam. Dan pada dua bulan berikutnya, warna hitam tersebut akan terlihat semakin terperinci pada bab leher/bawah paruh. Semakin usia burung bertambah maka warna hitam tersebut akan semakin menutup leher hingga ke bab bawah mata.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel