Tips Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kenari

 Kegemukan pada burung kenari merupakan permasalahan yang biasa dialami oleh kicaumania Tips Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kenari
Kegemukan pada burung kenari merupakan permasalahan yang biasa dialami oleh kicaumania. Sebenarnya, untuk mengatasi permasalahan ini tidak begitu sulit, namun entah kenapa masih banyak kicaumania yang belum paham sehingga burung yang mendapat perawatan justru malah menjadi macet suara (malas bunyi) sewaktu mabung. Baca juga tips jitu perawatan burung kenari mabung.

Penyebab kenari kegemukan ialah akhir kesalahan perawatan pada ketika mabung. Biasanya ini terjadi sebab burung kenari terlalu banyak (berlebihan) mendapat makanan biji-bijian, telur, serta kurangnya penjemuran, sehingga terjadi tumpukan lemak pada tubuhnya. Lemak yang tertimbun tersebut memperlihatkan efek malas pada burung kenari jantan (khususnya) sehingga burung menjadi malas suara dan jikalau ini dialami oleh kenari betina maka burung tidak akan mau bertelur.

Untuk mengatasi kenari kegemukan ini, maka yang diharapkan ialah memperlihatkan terapi sayur dan buah untuk mengurangi efek proteksi EF telur yang berlebih. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tips berikut ini.

Tips mengatasi kegemukan pada burung kenari:
  • Tempatkan kenari pada kandang yang besar dan berbentuk memanjang, biar burung sanggup bergerak bebas sehingga burung lebih aktif terbang dan ini akan membantu untuk memperabukan lemak lebih cepat. Dan pastikan di dalam kandang sudah terdapat tangkringan minimal 2 buah.
  • Hentikan proteksi pakan biji-bijian, EF Egg food / telor.
  • Berikan pakan sayuran dan buah dengan jumlah yang banyak (sesuaikan dengan kondisi burung) tujuan biar burung kenari mendapat nutrisi yang cukup untuk memperabukan lemak. Namun untuk pakan berupa apel, kulitnya harus dibuang terlebih dahulu, sebab akan memperlihatkan dampak yang kurang baik bila dikonsumsi oleh burung kenari dalam jangka waktu tertentu.
  • Untuk air minum, baiknya ditambahka dengan vitamin burung untuk menjaga stamina tubuhnya. Atau sanggup juga dengan mencampur air minum dengan 1 sendok teh madu murni sebagai sumber tenaga yang alami.
  • Agar pencernaan burung kenari menjadi lancar, sediakan Grit pada kandang burung. Hal ini juga sanggup mencegah burung mengalami permasalahan berak kapur. Baca juga tips perawatan burung kicauan yang mengalami berak kapur.
  • Pemberian pakan sayuran dengan cara meletakkan sayuran (sawi putih, kol, dsb) pada sisi kiri tangkringan 1 dan letakkan buah-buahan pada sisi tangkringan 2 (kanan).
  • Selanjutnya letakkan Grit pada sisi kanan tangkringan 1 dan cepuk minum pada sisi kiri tangkringan 2
  • Tempatkan Grit pada sisi kanan tangkringan ke 1 dan minumannya di sisi kiri tangkringan ke 2, tujuannya biar burung tetap bergerak ketika makan dan minum serta mengambil Grit. Sehingga sangat membantu untuk memperabukan lemak lebih cepat. 
Demikianlah perawatan burung kenari kegemukan, menurut pengalaman dari teman kicaumania terapi ini akan memperlihatkan hasil kurang lebih 7-10 hari (bila dilakukan secara rutin). Dan ketika burung sudah mulai berkicau kembali maka proteksi biji-bijian dan EF telur sanggup dilakukan dengan takaran yang sedikit, sampai postur badan kembali ibarat semula.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel