Skip to main content
×

Tips Merawat Burung Jalak Suren

Yup... kali ini saya akan coba menyebarkan pengalaman cara merawat burung yang satu ini, yaitu jalak suren. Ok pribadi saja ya...
Burung jalak suren merupakan salah satu burung kicau yang banyak digemari oleh masarakat indonesia. Dalam perkembangannya jalak suren menjadi salah satu burung kicau yang terkenal di kalangan masarakat berkat kecerdasannya yang bisa menirukan banyak sekali jenis bunyi burung lain, selain itu burung ini juga selalu mengeluarkan suaranya bila ada orang lewat atau ada sesuatu di sekitarnya. Namun walaupun burung ini sangat banyak cincong tapi banyak orang yang menyukainya alasannya yaitu dinilai bisa sebagai penjaga rumah, tapi biar burung itu mau berkicau terus teman juga harus merawat burung jalak suren dengan cara yang baik.

 kali ini saya akan coba menyebarkan pengalaman cara merawat burung yang satu ini Tips Merawat Burung Jalak Suren

Untuk para teman yang sudah usang memelihara burung yang satu ini pastinya tahu teknik-teknik cara perawatanya, namun bagi teman yang gres ingin belajar/memeliharanya pastinya memerlukan bingbingan biar burung jalak suren yang teman pelihara tidak stres & selalu berkicau. Ok pribadi saja ke tahap-tahapnya ya.

Tips merawat burung jalak suren :
  • Kebersihan kandang/sangkar- bisa menjadi salah satu hal yang harus terus di jaga biar tidak kotor yang berakibat munculnya bakteri-bakteri berbahaya, selain itu kawasan pakan burung harus diganti minimal 2 hari sekali & untuk kawasan minumnya paling tidak diganti sehari sekali.
  • Penjemuran- dipagi hari burung jalak suren bisa di jemur namun sebelum di jemur sebaiknya di angin-anginkan terlebih dahulu di teras rumah selama 30 menit hingga 1 jam gres burung siap di jemur, untuk waktu penjemurannya yang baik antara jam 08.00 pagi-10.00 siang.
  • Pakannya- untuk pakannya sendiri biasanya pakan utamanya berupa voer & juga bisa diberi masakan komplemen berupa buah-buahan menyerupai pisang, pepaya, sawo & lain sebagainya, selain itu untuk menambah nilai gizinya bisa diberi jangkrik, kroto, & ulat hongkong yang bisa didapatkan di toko pakan burung.
  • Pemandiannya- untuk pemandiannya bisa diberikan kolam untuk mandi yang di taruh dalam sangkar yang nantinya burung itu akan mandi sendiri atau bisa juga dengan spray yang di semprotkan ke seluruh badan hingga basah.
  • Menjaga staminanya- untuk staminanya jalak suren juga harus selalu terjaga dengan cara melatihnya, untuk melatih staminanya bisa dilakukan dengan mengumbarnya pada sangkar umbaran.
  • Pemasteran- supaya sanggup menirukan jenis bunyi burung lain bisa memasternya dengan burung menyerupai kenari, lovebrid & yang lainnya.
  • Melatih mentalnya- mental juga menjadi salah satu hal penting yang harus di perhatikan, untuk melatih mentalnya bisa dengan mendekatkannya dengan burung jalak suren lainya.
Demikian itu beberapa tips merawat burung jalak suren semoga isu ini sanggup membantu para teman hobiku semua, & jikalau para teman punya isu komplemen perihal cara merawat jalak suren ini bisa di tambahkan di kolom komentar dibawah ini. Terimakasih, salam hobiku.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar