Tips Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Biar Tuntas

Burung jalak suren yakni salah satu jenis jalak yang terkenal diantara jenis jalak lainnya. Bukan itu saja, harga jualnya pun lebih tinggi dari jalak yang lain dan cenderung setabil. Burung ini selain mempunyai warna yang menarik, akil menggandakan bunyi burung lain "termasuk bunyi apa pun", kicauannya lebih variatif dan merdu, jalak suren juga lebih gampang untuk gacor ditambah dengan gaya ngegarudanya.


Burung jalak suren yakni salah satu jenis jalak yang terkenal diantara jenis jalak lainnya Tips Perawatan Jalak Suren Mabung Pertama Agar Tuntas

Untuk mendapat jalak suren yang gacor tentu perlu usaha, salah satunya yaitu dalam perawatannya. Merawat burung jalak suren berdasarkan kami tidak terlalu berbeda dengan merawat jalak lainnya. Nah, salah satu perawatan yang biasa ditanyakan yaitu perawatan jalak suren mabung. Mabung yakni salah satu hal yang normal dan alami pada setiap burung dan unggas yang berlangsung setiap 1-2 kali dalam setahun "tergantung kondisi burung".

Biasanya yang sedang merawat jalak suren apalagi yang pertama kali memelihara sering menanyakan jalak suren mabung pertama umur berapa bulan? Berapa usang jalak suren mabung? Jalak suren mabung jadi macet bunyi? Dan sebagainya. Jalak suren mabung pertama biasanya usia 4-6 bulan, 4 bulan bulu sudah copot, sekitar umur 7 bulan bulu trotol ganti total ke bulu dewasa, dan mabung berlangsung 2-3 bulan, kalau jalak suren macet bunyi ketika mabung itu sangat normal. Berikut ulasanya mengenai perawatan jalak suren mabung :

Perawatan Jalak Suren Mabung

Ciri-ciri jalak suren mabung yaitu terdapat bulu-bulu halus berjatuhan dari tubuhnya, burung menjadi lebih banyak membisu "kurang aktif", burung juga macet bunyi "malas bunyi", bulu-bulu sudah kusam dan nyerit "bercabang". Untuk merawat jalak suren yang mabung sanggup dilakukan dengan contoh rawatan berikut.

  • Gantung atau simpan jalak suren di daerah sepi dan tenang. Usahakan biar tidak melihat burung sejenis dan tidak mendengar bunyi kicaunya. Hal ini akan membantu biar jalak tidak menghabiskan energinya dan biar tidak terlalu banyak berkicau. Karena burung jalak membutuhkan energi yang cukup besar untuk proses mabung.
  • Sering-seringlah full kerodong burung jalak suren, semprot sedikit untuk melembabkan kandang. Hal ini mempunyai kegunaan ketika jalak merontokan bulunya "proses ngurak" biar bulu-bulunya rontok semua.
  • Lebih baik stop terlebih dahulu mandinya hingga bulu jarum terlihat. Ada juga yang dimandikan seminggu sekali, bebas pilih yang mana. Tapi memandikan kadang sanggup menciptakan bulu alot "susah copot".
  • Lebih baik stop terlebih dahulu jemurnya hingga bulu jarum terlihat, ada juga yang menjemur 10 hingga 30 menit perhari, silahkan bebas pilih. Tapi menjemur kadang sanggup menciptakan bulu alot "susah copot".
  • Ganti voer dan atau beri racikan pakan untuk mabung biar bulu lebih cepat copot.
  • Campur voer dengan susu bubuk putih biar cepat ambrol. Bebas pilih merek apa saja, tapi sehabis bulu ambrol maka hentikan pemberian.
  • Berikan EF lebih banyak jangkrik 5-8 ekor pagi dan 5 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi.
  • Lakukan pemasteran ketika bulu jarum mulai tumbuh. Saat-saat mabung yakni saat-saat terbaik bagi burung kicau untuk dimaster.

Diatas ini ihwal perawatan jalak suren mabung secara umum, silahkan para kicau mania memodifikasi sesuai dengan kebiasaan dan abjad burungnya masing-masing biar balasannya lebih maksimal. Terimakasih telah menyimak artikel ini, salam 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel