Musim Hujan Burung Jadi Gampang Sakit, Berikut Tipsnya!

Sekarang ini telah memasuki animo hujan, jikalau hujan mulai turun terus-menerus setiap hari, temperatur udara akan menjadi dingin, lembab alasannya tak ada sinar terik matahari yang menghangatkan bumi ini.


Hal ini sangat perlu di waspadai oleh teman Burung kicau, alasannya perubahan cuaca menyerupai ini sanggup mempengaruhi kesehatan burung kesayangan kita, menimbulkan burung kurang fit, performanya menurun, macet bunyi, atau bahkan burung akan sakit. Apalagi untuk jenis burung yang tidak berpengaruh terhadap cuaca dingin.


Hal-hal yang perlu di lakukan ketika animo hujan adalah:

  • Menjaga kebersihan kandang burung.
    Hawa masbodoh dan lembab akan memancing tumbuhnya jamur, kuman dan virus. Terutama pada kotoran burung, untuk itu rajin-rajinlah teman untuk membersihkan kandang dan daerah pakan minum burung kesayanganmu, bila perlu semprotkan anti kuman / disinfektan pada kandang burung.

  • Jangan mandikan burung sementara waktu.
    Jika hujan berkepanjangan dan cuaca terlalu dingin, sebaiknya jangan paksakan burung untuk mandi, alasannya hal ini sanggup mengakibatkan burung sakit.

  • Jemur burung selagi ada panas matahari.
    Pada umumnya di animo hujan yakni burung kekurangan Dede (berjemur), yang akhirnya burung akan kekurangan asupan energy dan sistem kekebalan tubuhnya akan  menurun sehingga rentan untuk sakit, untuk itu, begitu ada terik matahari segeralah untuk menjemur burung secukupnya.

  • Tingkatkan porsi pakan Ef (Eftra fooding).
    Tambahlah porsi jangkrik 1-4 ekor, tergantung abjad burungnya dan juga berikan ulat hongkong secukupnya saja, ulat hongkong ini bersifat panas, jadi sanggup untuk menghangatkan badan burung. Asalkan pemberiannya jangan lebay, alasannya terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan.

  • Mengerodong burung.
    Kerodonglah momongan anda jikalau cuaca terlalu dingin, apalagi untuk malam hari. Karena kerodong akan melindungi burung anda dari angin atau udara yang dingin.
Comments