Apa Diam-Diam Burung Hantu Terbang Tanpa Suara???

Burung Hantu mempunyai gaya terbang yang khas yang disebut dengan "Silent flight". Disebut demikian alasannya yakni burung hantu sanggup terbang dengan nyaris tanpa mengakibatkan bunyi sedikitpun. Apa rahasia terbang burung hantu yang tanpa bunyi ini???

Sebuah study terbaru dilakukan untuk menguak rahasia terbang burung hantu ini. Hingga balasannya diketahui bahwa burung hantu sanggup terbang nyaris tanpa mengakibatkan bunyi karema mempunyai bulu khusus pada belahan sayapnya.

Menurut Justin Jaworski, seorang peneliti di Departemen Teknik Mesin dan Mekanika di Universitas Lehigh, Bethlehem, Pennsylvania, Amerika Serikat, burung hantu mempunyai 3 hal yang membuatnya bisa terbang secara belakang layar yaitu :
  • Serangkaian bulu yang sangat kaku yang terdapat di sepanjang tepi belahan depan sayap (leading edge).
  • Sayap belahan belakang (trailing edge) dilengkapi bulu yang sangat fleksibel sehingga menimimalkan bunyi (gesekan dengan udara).
  • Lapisan atas dan bawah sayap (bagian depan) yang memungkinkan udara mengalir lancar. 
Dengan kemampuan terbang yang nyaris tanpa bunyi ditambah penglihatan di kawasan gelap yang tajam, serta cakar yang tajam dan kuat, tidak mengherankan jikalau burung hantu sangat jarang mengalami kegagalan dalam menangkap mangsanya.

Referensi : tipspengetahuan.com
Comments