Burung Gereja, Indikator Alami Tingkat Kebersihan Udara

 Dulu di tempat aku tinggal banyak sekali burung gereja berkeliaran di pinggiran pasar da Burung Gereja, Indikator Alami Tingkat Kebersihan Udara
Dulu di tempat aku tinggal banyak sekali burung gereja berkeliaran di pinggiran pasar dan jalan raya. Namun ketika ini tidak sebanyak itu lagi. Sebenarnya apa yang terjadi??? Apakah mereka punah??? ternyata tidak demikian.

Menurut banyak sumber, burung gereja merupakan indikator alami tingkat kebersihan udara di suatu wilayah. Artinya, kalau masih banyak burung gereja berkeliaran di tempat anda, beruntunglah anda, berarti udara di sekitar tempat anda tinggal masih bersih. 

Burung Gereja merupakan anggota dari genus Passeridae. Konon, di dunia ini ada sekitar 45 spesies dan subspesies dari burung gereja ini. Mereka tersebar hampir di seluruh wilayah di dunia, bahkan ada juga yang dapat hidup di wilayah Himalaya. Spesies burung gereja yang banyak ditemui di indonesia yakni Passer montanus-malaccensis.

Burung Gereja sudah usang tinggal berdekatan dengan manusia. Sehingga tak jarang mereka secara santai mencari makan di erat insan yang sedang makan siang. Burung jenis ini biasanya bersarang di bawah atap bangunan dan perumahan penduduk. Makanan utama burung gereja yakni biji-bijian, tetapi terkadang mereka juga memakan serangga kecil. 

Memang belum ada penelitian secara ilmiah yang membenarkan teori ini. Namun kebanyakan orang di banyak sekali penggalan dunia ini percaya bahwa burung gereja yakni indikator alami kebersihan udara. Meskipun pada kenyataannya semua hewan memang begitu sensitif dengan perubahan lingkungan. Mau percaya atau tidak, itu terserah anda... ^_^

Referensi : satuharapan.com
Comments