Burung Red-Neck Phalarope Selalu Terbang Lintas Benua Setiap Tahunnya

 Burung ini merupakan salah satu jenis burung langka asal Inggris yang mempunyai siklus mig Burung Red-neck Phalarope selalu terbang lintas benua setiap tahunnya
Burung Red-neck Phalarope mempunyai nama latin Phalaropus Lobatus. Burung ini merupakan salah satu jenis burung langka asal Inggris yang mempunyai siklus migrasi tahunan. Berat tubuhnya tidak lebih dari sebungkus keripik kentang, tetapi siapa sangka burung ini telah memecahkan rekor sebagai burung yang bisa terbang paling jauh.

Untuk membuktikannya, para peneliti memasang perangkat pendeteksi pada burung ini untuk melacak rute terbangnya. Hasilnya, diketahui bahwa Red-neck Phalarope bisa terbang dari Shetland sampai Peru dan menempuh jarak sampai 16.000 mil atau sekitar 25.749 km.

Dengan kata lain burung ini bisa terbang lintas benua setiap tahunnya. Terbang dari Kepulauan Shetland yang posisinya di bab barat Benua Eropa menuju Peru yang posisinya berada di bab selatan Benua Amerika. 

Rute terbang yang dilalui oleh burung ini yakni menyeberangi perairan Atlantis Utara melalui Islandia dan Greenland, menyusuri kawasan pantai timur Amerika Serikat menuju Meksiko, kemudian Kuba, kemudian menyebrangi Perairan Karibia sampai kesudahannya datang di Peru dan pulang kembali ke Shetland dengan selamat.

Sayangnya, burung yang mempunyai kemampuan terbang luar biasa ini dikala ini jumlahnya sudah tidak banyak lagi di alam liar, dan termasuk salah satu burung langka. Di Inggris saja yang notabene merupakan habitat aslinya hanya ditemukan sekitar 15 buah sarang burung Red-neck Phalarope yang tersebar di seluruh wilayah Inggris.

Referensi : techno.okezone.com
Comments