Ilmuwan Ungkap Sejarah Kepunahan Burung Moa

Ilmuwan Ungkap Sejarah Kepunahan Burung Moa Ilmuwan Ungkap Sejarah Kepunahan Burung Moa
Burung Moa merupakan spesies burung berbadan raksasa yang berasal dari Selandia Baru. Tingginya dapat mencapai 3,5 m dengan berat tubuh mencapai 300 kg. Spesies burung yang tidak dapat terbang ini sudah punah semenjak tahun 1500-an.

Para ilmuwan melaksanakan penelitian terhadap fosil kotoran burung Moa untuk mengetahui seluk beluk kehidupan Moa. Dari penelitian tersebut ditemukan beberapa fakta, diantaranya mengenai contoh makan Moa yang merujuk pada teori penyebab utama kepunahan mereka.

Menurut penelitian, Moa diperkirakan memakan banyak sekali jenis tanaman. Dengan menganalisa jenis flora yang dimakannya tersebut dan lokasi dikala ini tempat banyak flora tersebut berada, peneliti lalu mencari kawasan yang diperkirakan merupakan habitat Moa sebelum punah.

Diperkirakan habitat moa ialah di kawasan peralihan antara hutan dan padang rumput. Sehingga dapat diperkirakan bahwa penyebab kepunahan spesies burung moa yang ada di Selandia Baru ini jawaban dari tragedi kelaparan. Penyebab lainnya ialah sebab serangan predator elang Haast serta perburuan dan pencucian hutan oleh suku Maori, suku orisinil Selandia Baru.

Referensi : okezone.com
Comments