Kenapa Burung Suka Berkicau???

 Mungkin sebagian dari kita pernah terbesit pertanyaan menyerupai ini Kenapa Burung Suka Berkicau???
Untuk apa sih burung berkicau??? Dan kenapa kicauannya berbeda-beda??? Mungkin sebagian dari kita pernah terbesit pertanyaan menyerupai ini. Nah, maka dari itu, burungue kali ini akan mencoba mengulas problem simple tetapi penuh misteri ini. 

Seekor burung berkicau bahwasanya ialah sebuah insting hewan untuk menunjukkan keberadaannya, menarik pasangan, bereaksi terhadap predator, ataupun untuk menunjukkan wilayah teritorialnya. Secara sederhananya kicauan burung dapat disebut sebagai ungkapan "Datanglah kesini!" atau "Menjauhlah dari sini!!!". Rata-rata seekor burung akan bernyanyi sebatas untuk menarik perhatian si betinanya.

Lalu, kenapa kicauan burung bunyinya berbeda-beda??? 
Secara sederhananya bunyi kicauan burung itu terbentuk oleh lingkungannya, menyerupai halnya penyanyi dangdut yang khas dengan 'cengkok' nya alasannya ialah dangdut memang khasnya menyerupai itu atau penyanyi Rock yang khas dengan bunyi seraknya.

Lalu, bagaimana seekor burung dapat mengeluarkan kicauan tanpa henti atau mengeluarkan kicauan yang bernada rumit???
Suara kicauan burung berasal dari sebuah organ bunyi yang disebut Syrinx. Organ ini fngsinya menyerupai dengan kotak bunyi pada manusia. Namun, berbeda dengan kotak bunyi insan yang terletak di atas trakea, letak Syrinx berada di bawah trakea, di persimpangan dua kanal udara yang mengarah pribadi ke bab paru-paru. Dengan demikian syrinx mempunyai dua sumber bunyi potensial. Otot-otot kontrol yang detail dari syrinx memproduksi kicauan; sementara burung dengan system otot vokal yang lebih rumit menghasilkan kicauan-kicauan yang lebih kompleks.

Pertanyaan berikutnya adalah, kenapa kebanyakan burung berkicau pada ketika fajar???
Belum diketahui niscaya apa alasannya, tetapi diperkirakan hal itu terjadi alasannya ialah waktu fajar dengan sedikit angin berhembus, dan nuansa yang masih cukup hening merupakan ketika yang paling baik untuk berkicau. Alasan lainnya diperkirakan untuk memberitahukan kepada para betina bila tenaga mereka masih fit untuk kawin, meski semalaman tidak makan ataupun beraktifitas.

Referensi : agrobur.com
Comments