Menangkap Burung Memakai Media Player Pada Ponsel


 kehadiran ponsel dengan banyak sekali fiturnya dapat dimanfaatkan oleh seorang Rustam  Menangkap Burung Menggunakan Media Player Pada Ponsel
Siapa sangka, kehadiran ponsel dengan banyak sekali fiturnya dapat dimanfaatkan oleh seorang Rustam (50), untuk membantu pekerjaannya. Warga Gampong Bintah, Kecamatan Madat, Aceh Timur ini dengan pandai memanfaatkan fitur MP3 player pada ponsel untuk membantunya menangkap burung di sawah.

Ruak-ruak (ayam-ayaman) yang dalam bahasa Aceh dinamai bu-bruek, merupakan salah satu jenis burung yang diburu Rustam, yang tergolong sangat susah untuk ditangkap. Bahkan saat sudah memakai jaring sekalipun.

Sekitar 5 tahun yang kemudian (2008) diujung keputusasaan sebab kehabisan inspirasi untuk menangkap burung, muncul inspirasi dibenak Rustam untuk memanfaatkan ponsel sebagai sarana menangkap burung. Dengan uang 100 ribu rupiah yang dipunyanya, Rustam pun mencari ponsel bekas yang dapat merekam bunyi di pasar. 

Setelah mendapat ponsel yang diinginkannya, Rustam tinggal mencari bunyi burung untuk direkam. Untuk mendapat bunyi burung yang diinginkannya, Rustam mencari burung yang tengah berkicau, kemudian merekam suaranya memakai ponsel tersebut.

Dengan bunyi burung yang sudah berhasil direkamnya, dimalam berikutnya Rustam berangkat untuk mencari Ruak-ruak. Rustam menaruh ponsel dan memutar bunyi burung rekamannya tersebut di area penangkapan untuk memancing kedatangan si burung. Ketika si burung tiba mendekati ponsel, Rustam akan segera menyorot mata si burung memakai lampu senter kemudian menangkap si burung yang tengah panik tak berdaya tersebut.

Dengan metode barunya yang tergolong cerdas tersebut, tiap malam (sekitar jam 20.00 - 00.00 WIB) Rustam mengaku dapat mendapat puluhan ekor burung. Dimana satu ekor burung yang beliau tangkap biasanya dijual seharga 5.000 rupiah. Selain dijual, burung-burung tersebut juga terkadang dimasak untuk dimakan keluarga Rustam sendiri.

Referensi :tribunnews.com
Comments