Mengapa Burung Beo Dapat Menirukan Kata-Kata Manusia???

 mungkin pertanyaan tersebut pernah terbesit dibenak pembaca sekalian Mengapa Burung Beo Bisa Menirukan Kata-Kata Manusia???
Mengapa burung beo bisa menirukan kata-kata manusia? Bukankah beo tidak punya bibir? Hmm, mungkin pertanyaan tersebut pernah terbesit dibenak pembaca sekalian. Nah, berikut ini burungue akan menjelaskan kronologisnya.

Burung beo bisa melafalkan kosakata insan alasannya ialah mereka bisa menggerakkan pengecap mereka. Selama ini diyakini bahwa burung meghasilkan bunyi hanya dari Larynx dan Syrinx tanpa menggerakkan pengecap mereka. Namun, lain halnya dengan spesies burung beo. Burung ini bisa menggerakkan lidahnya kedepan dan ke belakang untuk membantu membentuk kata per kata.

Pergerakan pengecap burung beo ini ternyata memang sangat besar lengan berkuasa dalam kemampuannya menirukan kosakata manusia. Beda satu milimeter pergerakan saja, sudah mensugesti kualitas bunyi yang begitu besar yang dihasilkan.

Kesimpulan ini diambil sesudah beberapa peneliti dari Universitas Leiden, Belanda, melaksanakan penelitian dengan cara mengganti larynx burung beo dengan speaker yang sangat kecil. Gabriel Beckers, yang memimpim penelitian tersebut, menyimpulkan bahwa kemampuan burung Beo memainkan lidahnya menciptakan burung ini bisa menirukan kata-kata manusia.

Referensi : apakabardunia.com
Comments