Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki???

Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki???
Burung Flamingo merupakan salah satu jenis burung rawa yang populer dengan kakinya yang panjang dan bulunya yang merah muda. Salah satu keunikan yang dimiliki oleh burung Flamingo ini adalah, mereka akan tidur dengan satu kaki diangkat. Mengapa Burung Flamingo Tidur Dengan Satu Kaki diangkat???

Seorang ilmuwan dari Universitas Saint Joseph di Philadelphia, Amerika Serikat yang berjulukan Enter Matthew Anderson, telah melaksanakan sebuah penelitian di kebun hewan setempat untuk membuka misteri fenomena unik tersebut.

Dari hasil penelitian beliau, ditemukan fakta bahwa semakin panas kondisi di sekitar flamingo, maka akan semakin banyak flamingo yang bangun dengan kedua kakinya. Sementara jikalau suhu di sekitar dingin, kebanyakan flamingo akan bangun dengan satu kaki. 

Dengan demikian sanggup ditarik kesimpulan bahwa, Flamingo tidur dengan mengangkat satu kakinya bertujuan untuk menjaga biar tubuhnya tetap hangat, atau untuk mengurangi kehilangan panas badan akhir dari suhu yang dingin.

Karena ibarat yang kita ketahui, air akan menciptakan panas cepat menghilang. Sedangkan burung flamingo banyak menghabiskan waktunya berada di air sehingga memerlukan cara untuk menjaga suhu badan biar tetap hangat.

Meski masih membutuhkan penelitian yang lebih lanjut, Anderson yakin bahwa alasan mengapa flamingo tidur dengan mengangkat satu kakinya adalah untuk mempertahankan suhu atau thermoregulation. 

Menurutnya hal ini lebih masuk nalar daripada teori sebelumnya yang menyampaikan bahwa flamingo tidur dengan satu kaki untuk mengurangi kelelahan otot, sehingga sanggup kabur lebih cepat dikala ada predator mendekat. Karena pada kenyataannya flamingo akan lebih cepat terbang dikala kedua kakinya berpijak di permukaan tanah.
Comments