Mengapa Burung Jantan Kehilangan Alat Kelaminnya Dikala Bertambah Tua???

foto burung sedang nangkring di atas antena TV Mengapa Burung Jantan Kehilangan Alat Kelaminnya Ketika Bertambah Tua???
Sebuah fakta unik yang gres saja saya ketahui ialah ternyata burung jantan akan kehilangan kelaminnya seiring bertambahnya umur. Berbeda dengan ayam yang kelamin jantannya hanya akan melemah sampai kehilangan fungsi seiring bertambahnya umur. Mengapa burung jantan kehilangan klat kelaminnya dikala kertambah tua???

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti yang berasal dari University of Florida, Amerika Serikat, menemukan bahwa genetik dari burung menghentikan tumbuhnya tunas kelamin. Dengan kata lain, hilangnya alat kelamin pada burung jantan merupakan sebuah siklus normal dari janjkematian suatu sel kelamin burung.

Martin Cohn, salah satu peneliti dari University of Florida menyampaikan bahwa sebuah gen yang disebut dengan BMP4 menciptakan alat kelamin burung jantan menyusut seiring bertambahnya usia. Lalu bila pejantannya tidak mempunyai alat kelamin, bagaimana cara burung bereproduksi???

Ketiadaan alat kelamin pada si jantan menciptakan burung melaksanakan perkawinan hanya dengan menempelkan lubang kloaka mereka. Saat lubang kloaka mereka bertemu, maka sperma si jantan akan masuk ke kloaka si betina. Proses berpindahnya sperma jantan ke dalam kloaka si betina berlangsung hanya dalam hitungan kurang dari satu detik.

Ckckck, kasihan burung yak, nggak dapat mencicipi nikmatnya bercinta... ^_^

Referensi : viva.co.id
Comments