Manfaat Mandi Pasir Bagi Burung Dan Cara Pembuatannya

Salah satu kebiasaan burung di alam habitatnya yakni bermain atau mandi pasir (ber-kipu).Mereka bermain dengan riang dan bergelimang di atas debu atau pasir.Hal ini bermanfaat untuk meraih kesenangan (membuatnya tenang),dan juga sanggup menguatkan bulu-bulu, mengusir kutu, membuatnya halus dan berkilau.

selain burung hewan unggas pun sering melaksanakan hal ini menyerupai ayam, bebek, dan lain-lain mereka menciptakan kubangan sendiri di tanah.Pasti teman Burung kicau pernah lihat bukan???

Mandi pasir (ber-kipu) ini sanggup juga di jadikan therapy burung yang stres, burung setelah masa mabung, burung over birahi, dan sanggup juga untuk mengatasi burung Kacer yang mbagong (mbalon).Di samping itu manfaat daripada mandi pasir yakni sanggup menciptakan burung menjadi sehat dan berumur panjang.Dan masih banyak manfaat-manfaat konkret lainnya.



Mungkin teman Burung kicau sanggup memperlihatkan therapy ini pada burung kesayangannya di rumah.Caranya pun tidak terlalu sulit.. Bagaimana caranya? Simak baik- baik ya....


  1. Buatlah sangkar dengan ukuran lebar 60cm, tinggi 80cm dan panjang 1,5meter atau lebih terserah anda.Atau sanggup juga menyerupai sangkar tenggaran (umbaran).Hal ini sanggup sekaligus untuk mengumbar burung.
  2. Isilah dasar sangkar dengan debu atau pasir yang lembut dan terbebas dari mikroba atau pestisida.Atau anda juga sanggup membuatnya dengan kerikil bata yang telah di hancurkan dengan lembut.
  3. Tempatkan Bak air di dasar sangkar dan sediakan pakan di erat tenggeran.
  4. Biarkan si burung bermain sepuasnya.
Atau jikalau teman Burung kicau tidak mau repot-repot,anda sanggup memakai sangkar keramba mandi tetapi kolam nya di isi dengan pasir.


Comments