Mudahnya Berternak Kenari

Tentu sangat membanggakan bila binatang peliharaan yang kita rawat sanggup berkembang biak menjadi banyak dan menguntungkan bagi sang empunya. Memang hoby yang membawa rejeki...mantabs..

Di sini saya akan membahas cara berternak burung kenari yang gampang untuk teman Burung kicau.
mari kita mulai...

Pertama-tama kita harus mempersiapkan dan menentukan burung kenari yang bagus untuk di jadikan indukan dan yang siap untuk di jodohkan.Dan tentunya kita harus tau terlebih dahulu perbedaan jenis kelamin pada burung kenari jantan dan betina,pada artikel sebelumnya sudah pernah saya bahas.cek disini ciri-ciri kenari jantan dan betina.

Pemilihan Indukan
Pilihlah indukan  yang sudah tiba masa birahinya, pada umumnya burung  yang sudah siap berumur 8 bulanan.Atau biasanya di tandai dengan tingkah laris kenari jantan yang bernayanyi lebih keras dan nyaring dari biasanya pada ketika melihat kenari betina.atau ibarat mau mengejar kenari betina.Sedangkan untuk kenari betina akan membuka sayap atau di kenal dengan istilah ngeleper.. atau ingin segera di kawinin jikalau melihat kenari jantan..

Proses Penjodohan
Jika sudah menemukan calon indukan maka Berikutnya ialah tahap Penjodohan. Untuk proses penjodohan  ini sanggup di lakukan dengan cara mempertemukan kenari jantan dan betina,tetapi di beri sket atau penghalang sehingga burung kenari sanggup saling melihat tetapi tidak sanggup menyentuh.dengan cara menempelkan kedua sangkar burung kenari jantan dan betina.atau juga sanggup dengan satu sangkar yang sudah di beri penghalang.cara ini di biarkan selama 3 hari lebih atau bahkan sanggup hingga 2 minggu,tergantung kapan burungnya mau jodoh.tetapi biasanya selama 4-7 hari sudah berjodoh.Ciri-cirinya burung bila sudah jodoh ialah kedua burung tersebut saling berdekatan ibarat ingin bercumbu meskipun telah di sket atau ada penghalang.dan kenari betina kelihatan ibarat sibuk mencari materi untuk menciptakan sarang.


Mempersiapkan sangkar ternak
Bila burung  telah berjodoh,selanjutnya ialah mempersiapkan sangkar untuk perkawinan dan sarang untuk pengeraman.Usahakan semoga sangkar sangkar selalu higienis dan nyaman.penempatannya juga harus tenang,aman dari gangguan binatang ibarat tikus,kucing atau segala apapun yang sanggup mengakibatkan burung merasa terancam,sehingga sanggup mengganggu proses pengeraman.berikanlah kotak atau daerah untuk sarang burung.. kemudian sebarkan serabut  lembut pada dasar sangkar,nanti kenari akan menyusun sendiri sarangnya.

Pengamatan dan perawatan
Perhatikan ketersediaan pakan dan minumnya.berikan EF juga semoga staminanya terjaga.dan tetap jaga kebersihan kandangnya,selama tidak mengganggu masa pengeramannya.Burung kenari akan mengerami telurnya umumnya selama 12 hingga 14 hari.Setelah itu telur akan menetas satu persatu dengan selisih waktu sehari atau sanggup kurang sanggup lebih.Dan Saat itulah indukan kenari jantan sebaiknya di pisahkan.dan sanggup juga di jodohkan lagi dengan betina lainnya.

Demikian artikel saya semoga menjadi manfaat dan selamat mencoba.


Comments