Skip to main content
×

Penyebab Burung Jadi Stres Dan Macet Suara (Kandeg)

Di alamnya burung  mempunyai kebiasaan untuk membuatnya merasa nyaman, sehat, dan tenang.Seperti mandi di perairan, danau, sungai atau di rawa-rawa hingga mandi atau bermain di pasir, kemudian berjemur di bawah terik matahari untuk menghangatkan tubuhnya kemudian merapikan bulu-bulunya.Kemudian bertengger di pepohonan dan melantunkan kicauannya yang merdu dengan riangnya.
Alam pun menyediakan kuliner yang di sukainya dan sangat mencukupi kebutuhan gizinya,di tambah lagi lingkungannya yang hijau, udara yang higienis dan sejuk, air yang jernih dan jauh dari kebisingan menciptakan kehidupannya menjadi tenteram.


Akan tetapi jikalau burung sudah di rawat di tangan manusia,belum tentu semua kebutuhannya terpenuhi.Seperti gizi dari pakannya,kebersihan dari tempatnya dan lingkungan di sekitarnya.Maka yang terjadi burung akan menjadi Stres dan tidak mau berkicau lagi.



Berikut yaitu beberapa penyebab burung macet suara (kandeg):

  • Karena Trauma.
    hal ini sanggup terjadi alasannya burung gres di tangkap dari alam liar maupun dari kandangnya atau sanggup juga alasannya burung menerima kejutan tiba-tiba menyerupai sangkar terjatuh, di lempar sesuatu, atau di serang hewan buas menyerupai kucing, tikus dan lain-lainnya.
  • Perubahan Lingkungan dan iklim.
    Lingkungan yang gaduh, berisik, ramai sanggup menciptakan burung menjadi tidak damai dan enggan berkicau, apalagi cuaca iklim yang tidak menentu.Khusus nya untuk burung yang sangat sensitif dan susah beradaptasi, menyerupai burung yang gres pindah kandang, pindah daerah dan lain-lain..
  • Mental nge-down.Kasus ini biasanya terjadi di karenakan adanya burung yang lebih gacor yang tak jauh darinya,istilahnya burung ke sentor sama burung gacor kemudian jadi down dan macet.Dan hal ini juga sanggup terjadi alasannya kalah mental ketika di adu.
  • Memasuki masa mabung.
    Pada ketika burung dalam masa mabung atau ngurak,pada ketika itu juga kondisi burung akan ngedrop alasannya mereka membutuhkan ketenangan dan banyak energy untuk pergantian bulunya.untuk perawatannya klik Perawatan burung mabung.
  • Perubahan makanan.Pergantian brand voer ataupun perubahan stelan EF juga sanggup menciptakan burung stres dan jadi macet bunyi.Atau sanggup terjadi alasannya asupan gizi yang kurang.

Mungkin masih banyak faktor-faktor lain yang sanggup menciptakan burung jadi macet.Namun itulah beberapa dilema yang sanggup aku sampaikan khususnya bagi teman Burung kicau..

Gimana cara mengatasinya???
klik di sini Menangani burung macet bunyi.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar