Cara Merawat Burung Cucak Ijo (Hijau)

CARA MERAWAT BURUNG BURUNG CUCAK IJO  (HIJAU)

Cara Merawat Burung Cucak Ijo (hijau). Bagi para pencinta kicau mania di Indonesia niscaya sudah tidak abnormal lagi dengan yang namanya burung cucak ijo, burung yang satu ini memang populer mempunyai berbagai kelebihan menyerupai suaranya yang sangat merdu dan juga warna bulunya yang sangat indah.

Ada berbagai jenis cucak ijo yang dikenal oleh para breder mulai dari cucak ijo Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak jenis tersebut cucak ijo Jawa terutama yang berasal dari Banyuwangi dan Jember populer mempunyai kualitas sangat anggun dengan kicauan yang cukup merdu.

Para pencinta kicau mania berikut infomasi terkait Cara Merawat Burung Burung Cucak Ijo, yang mencakup Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo, Perawatan harian burung cucak (Ijo) hijau, Makanan burung cucak  Ijo, Cara Penanganan Apabila Burung Cucak Hijau Over Birahi, dan perawatan dan stelan burung cucak hijau untuk lomba.

ü  Cara Menjinakkan Burung Cucak Ijo 

Semua orang terutama bagi para penggemar burung (kicau mania) niscaya menginginkan burung kesayangannya selain gacor tapi juga juga jinak, sebab dengan mempunyai burung yang gacor dan jinak, sanggup menciptakan kita sebagai pemiliknya terasa bukan sekedar sebagai pemilik burung nanum juga kita anggap seolah-olah burung yang kita pelihara yaitu sebagai sobat main kita. Namun bagi sebagain penghobi burung, mungkin ada yang belum memahami bagaimana caranya membuat Burung Cucak Hijau agar sanggup jinak.

Sekedar mengembangkan warta untuk  para penggemar burung (kicau mania) yang mempunyai Burung Cucak ijo   yang masih liar, pada kesempatan ini saya mengembangkan perihal Cara Menjinakkan Burung Cucak ijo  atau caranya agar Burung Cucak Hijau yang masih liar yang kita miliki lebih cepat jinak, sebagaimana tips-tips yang sudah disampaikan oleh para pakar kicau mania yang sudah jago yang sudah membagi pengalamannya mengenai tata cara menjinakkan.


Berikut yaitu cara menjinakkan burung cucak hijau liar :

·          Langsung anda gantung di kawasan yang agak tinggi tapi diatas kepala insan dan tempatkan di kawasan ramai. Jangan malah kau gantung di kawasan tersembunyi sebab kawatir burung jadi klabakan. Biasakan di kawasan ramai selama 2 ahad dan pada ahad selanjutnya gantung setinggi kepala manusia.

·          Bila kau memandikan silahkan kau karamba cucak ijomu dengan waktu yang agak lama, jikalau ia tidak mau mandi sendiri semprot saja hingga lembap kuyup dengan semprotan yang lembut. Kalau lembap cucak ijo akan menjadi membisu dan biarkan dulu sedikit mengeringkan sendiri cucak ijony di dalam karamba. Mandika pagi dan sore hari.

·          Kamu kosongkan kawasan makan dikala malam tiba, biarkan hingga pagi ia kelaparan dan jam 7 pagi sodorkan jangkrik memakai tangan atau lidi, jikalau belum mau ulangi lagi sehabis 3 menit. Kalau beberapa kali tidak mau taruh saja jangkrik di cepuk. kau asuh burung itu dengan menawarkan jangkrik memakai tangan pada pagi siang dan sore, berikan saja air minum di dalamnya. Pagi 5 jangkrik siang 4 jangkrik, sore 5 jangkrik. lakukan ini berselang seling tiap 2 hari sekali saja hingga burung terlihat berani pada manusia.

ü  Perawatan harian burung cucak hijau.
Perawatan harian untuk burung Cucak Hijau relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung Cucak Hijau:
·          Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
·          Bersihkan sangkar harian. Ganti atau tambahkan Voer, Air Minum dan buah segar.
·          Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah menawarkan Jangkrik secara pribadi pada burung.
·          Penjemuran sanggup dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00.
·          Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
·          Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, kemudian sangkar dikerodong.
·          Siang hari hingga sore (jam 10.00-15.00) burung sanggup di Master dengan bunyi Master atau burung-burung Master.
·          Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan jikalau perlu.
·          Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
·          Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan bunyi Master selama masa istirahat hingga pagi harinya.



ü  Hal penting yang perlu dipahami
·          Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
·          Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin hingga hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum'at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
·          Pengumbaran di sangkar umbaran sanggup dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
·          Berikan Vitamin dan Mineral yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
·          Berikan buah pisang yang yang telah diolesi Madu setiap hari Sabtu.


ü  Penanganan Apabila Burung Cucak Hijau Over Birahi
·          Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore.
·          Bisa diberikan 2 ekor Ulat Bambu dalam 3 hari berturut-turut.
·          Frekuensi mandi dibentuk lebih sering, contohnya pagi-siang dan sore.
·          Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja.

ü  Berikut ini cara Penanganan Apabila Burung Cucak Hijau Kondisinya Drop
·          Tingkatkan porsi proteksi Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore.
·          Tingkatkan porsi proteksi Kroto menjadi 3x seminggu.
·          Mandi dibentuk 2 hari sekali saja.
·          Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung Cucak
·          Hijau lain dahulu.
·          Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari.
·          Berikan Vitamin dan Mineral setiap hari.

ü  Berikut ini perawatan dan stelan burung cucak hijau untuk lomba
·          Perawatan lomba untuk burung Cucak Hijau bekerjsama tidak jauh berbeda dengan perawatan hariannya. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung Cucak Hijau biar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan mempunyai stamina yang stabil.
·          Kunci keberhasilan perawatan lomba untuk burung Cucak Hijau yaitu mengenal baik huruf dasar masing-masing burung.

ü  Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung Cucak Hijau:
·          H-3 sebelum lomba, Jangkrik sanggup dinaikkan menjadi 10 ekor pagi dan 6 ekor sore.
·          H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
·          1 Jam sebelum digantang lomba, berikan Jangkrik 3 ekor dan Ulat Hongkong 10-20 ekor.
·          Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.

Demikianlah warta tentang Cara Merawat Burung Cucak Ijo (hijau)  semoga sanggup bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.




Comments