Apa Sich Manfaat Laron untuk Burung Kicauan?


Kicausejati.com - Laron merupakan serangga yang biasa muncul pada musim penghujan yang keluar saat terbit fajar dan saat petang datang. Laron keluar dari sarang menuju cahaya sekitar yang dominan terang, mereka terbang dengan sayap empat helai yang mudah rapuh, atau memang sengaja melepaskan ke empat helai sayapnya jika sudah menemukan pasanganya. Laron memiliki protein yang besar, bahkan ada beberapa kalangan yang sengaja mengumpulkan pada musimnya untuk di konsumsi, di goreng, di peyek, atau di botok. Laron berasal dari rayap yang merupakan serangga hidup berkoloni, lebih jelasnya siklus laron berasal dari telur ratu laron, dari ratu laron, telur menjadi seranga rayap, kemudian sulung atau calon laron, setelah sulung dewasa menjadikan laron yang nantinya mencari pasangan hidup untuk menjadi raja dan ratu penghasil telur.
Laron
Selain laron memiliki protein yang tinggi dan dikonsumsi manusia, laron juga bagus untuk extra fooding burung kicauan. Laron di beritakan lebih memiliki kandungan protein dan panas yang lebih baik dari pada kroto ataupun jangkrik. Jika kamu pernah perhatikan laron saat terbang pagi keluar sarangnya pasti burung-burung liar pada pesta dengan menyambar laron-laron yang berterbangan secara berebutan, entah itu burung kutilang, walet, gereja. Itu artinya bahwa burung memanglah menyukai laron, oleh sebab itu tidak sedikit pecinta kicau yang menyajikan laron untuk burung kicauan kesayanganya. Laron bagus di gunakan sebagai extra fooding juga sebab selain mempunyai protein yang tinggi laron memiliki kadungan lemak yang kecil.

Manfaat laron untuk burung kicau:
  • Memiliki protein yang tinggi tetapi kandungan lemaknya kecil
  • Mengandung antibiotik yang bagus untuk daya tahan burung
  • Mendongkrak stamina yang bagus pada nutrisi yang dibutuhkan burung
  • Bisa digunakan sebagai pengganti kroto. 

Hal yang perlu kamu perhatikan sebelum diberikan untuk burung kicauan
  • Buang sayap laron, sebab sayapnya bisa menempel kuat pada tenggorokan burung. Sebab sayap laron memiliki zat yang bisa mudah menempel dimana saja bila terkena air.
  • Matikan laron terlebih dahulu sebelum diberikan untuk burung, untuk mengantisipasi hal yang tidak di inginka, bahwa laron memiliki gigi yang tajam yang bisa dengan mudah merobek selapu kulit.

Berikut tentang manfaat laron untuk burung anda, tertarik tidaknya itu terserah anda. Suka jalankan tidak suka abaikan. Semoga bermanfaat sobat.
Comments