Burung Anis Merah yang Menawan


Kicausejati.com - Burung Anis Kembang atau punglor kembang atau Zoothera interpres tersebar di daerah Nusa Tenggara, Sunda Besar, Malaysia dan Filipina. Burung Anis kembang hidup pada hutan primer, hutan sekunder yang tinggi dan hutan yang rusak dan lahan yang pohonnya banyak, juga petak-petak hutan yang terisolasi.
Burung Anis Merah yang Menawan
Burung ini termasuk burung monomorfik, yakni jantan dan betina berpanampilan sama dan ditemukan hidup pada ketinggian, 200-1300 meter dari permukaan laut di Lombok, 200-1000 meter dari permukaan laut di Sumbawa. Sedang di Flores dijumpai pada dataran rendah sampai ketinggian sekitar 1000 meter dari permukaan laut.

BirdLife Indonesia mencatat sebaran burung ini di Sumba dan Timor namun pada daerah sebaran itu populasi burung anis kembang semakin menyusut karena maraknya perburuan yang dilakukaan mulai dari awal tahun 1995.

Di Indonesia, terdapat 12 jenis anis yang dapat ditemui di alam. Namun secara umum tidak ada ciri yang signifikan untuk membedakan anis kembang berdasar daerah asal. Meski tidak ada ciri-ciri khas anis kembang berdasar daerah asal, namun dari pengamatan para pecinta burung menemukan pula perbedaan berdasarkan endemik penyebaran, diantaranya:
  1. Anis kembang Tasikmalaya di Jawa Barat misalnya, memiliki warna trotol pada bagian dada yang tidak ngeblok atau cenderung beraturan (bercorak), sementara bulu putih pada sayapnya terputus-putus seperti sisir. Biasanya burung anis kembang asal Jawa Barat cenderung doyan betina.
  2. Anis kembang Sumbawa di Nusa Tenggara warna trotol pada bagian dadanya terlihat ngeblok dan cenderung tidak beraturan atau acak, sementara bulu putih pada sayap tertata rapi membentuk bulatan-bulatan seperti mega. Bodi anis kembang Sumba lebih besar jika dibandingkan dengan anis kembang Jawa Barat dan Borneo.
  3. Anis kembang Kalimantan di Borneo adalah warna trotol pada bagian dada terlihat ngeblok atau cenderung tidak beraturan. Terdapat warna bulu kuning kecoklatan berbaur warna trotol hitam pada bulu dada hingga pada sisi kiri dan kanan di bawah bulu sayap mirip seperti anis kembang remaja. Sementara warna putih pada sayap memebentuk bulatan-bulatan seperti mega dan terputus oleh bulu.

Comments