Burung Madi Hijau Perut Biru


Kicausejati.com - Burung Madi Hijau Perut Biru (Calyptomena Hosii), burung ini masuk dalam keluarga Eurylaimidae berukuran kecil sekitar 17 centimeter, bulu berwarna hijau, pada bagian dada bulu berwarna biru. Untuk membedakan betina warna bulu lebih kusam.
Burung Madi hijau perut biru (Calyptomena hosii) adalah salah satu spesies burung di dalam keluarga Eurylaimidae. Burung ini endemik hutan dataran tinggi pulau Kalimantan bagian utara. Mereka terancam oleh hilangnya habitat. Memiliki perut biru, tetapi selain itu mirip dengan anggota lain dari genus Calyptomena.
Burung madi hijau perut biru hidup di hutan cemara Kalimantan, Sumatra dan Semenanjung Melayu dataran rendah Sundaic, dari selatan Tenasserim, Myanmar, semenanjung dan barat Thailand, Sabah, Sarawak dan Semenanjung Malaysia, Singapore (sebelumnya) dan terdapat pula di dataran rendah dan hutan hujan pegunungan rendah. Warna hijau bulu memberikan kamuflase yang sangat baik dari serangan musuh predator.
Burung Madi Hijau Perut Biru
Makanan burung madi hijau perut biru adalah buah ara, kebiasaan makan burung ini membantu untuk menyebarkan benih ara di dasar hutan. Betina biasanya bertelur antara dua sampai tiga butir berwarna keputihan, dan menetas setelah 22 sampai 23 hari.

Meskipun burung jenis ini masih terdapat dibeberapa tempat, namun hampir terancam punah karena sangat sensitif terhadap hilangnya habitat dan degradasi, yang mungkin telah menyebabkan penurunan populasi cukup cepat dan luas.

Ekologi spesies ini terjadi terutama di hutan Dipterocarpaceae Understorey primer hijau dan dicampur di dataran rendah, terutama di bawah 800 meter, tapi kadang-kadang untuk 1.700 meter. Hal ini juga ditemukan di hutan sekunder tinggi dan habitat sekunder lainnya jika hutan primer yang berdekatan. Habitat ini hanya dapat digunakan untuk mencari makan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel