Skip to main content
×

Cara Cepat Menjinakkan Burung Pleci Liar


Kicausejati.com - Yang namanya burung pleci liar pastinya kelabakan saat ada orang yang mendekat, maka dari itu kita harus menjinakan burung pleci tergolong mudah. perwatan disini adalah supaya burung pleci yang kita beli atau hasil mingkat hidup dulu. jangan berharap makan voer, perlu penyesuaian bertahap. burung pleci yang masih liar tidak akan berbunyi jika ada didalam sangkar. perlu penyesuaian dan adaptasi terhadap lingkungan dan keberadaan manusia. langsung saja ke tahapan-tahapan berikut ini:
Cara Cepat Menjinakkan Burung Pleci Liar
  1. Penjinakan, dalam tahap penjinakan ini sangatlah penting karena burung berani berkicau jika nyaman didalam kandang dan tidak takut terhadap orang. salah satu faktor yang mempengaruhi dan mempercepat penjinakan burung adalah pemilihan kandang. semakin kecil kandang, semakin pleci tidak banyak gerak, sehingga akan mempercepat proses penjinakan.
  2. Bilang burung pleci bakalan anda hanya diberikan makan dan minum saja tanpa ada perawatan khusus jangan berharap pleci bakalan/liar anda akan cepat jinak
  3. Pada hari pertama anda mendapatkan burung pleci bakalan pastikan burungnya jantan jika mau kicauannya bervariasi dan pastikan burung pleci anda mau makan. biasanya pleci bakalan lebih senang pada buah-buahhan dan ulat hongkong.
  4. Letakkan burung pada tempat yang ramai, jika rumah anda ada di pinggir jalan raya cukup letakkan burung dipinggir rumah. atau tempatkan burung pada gantungan rendah yang sering dilalui orang. agar si burung terbiasa dengan hal ini. peratama kali biasanya burung nabrak2 sehingga terluka, hal itu sudah biasa.
  5. Buat pleci anda lapar. sehingga burung akan bergantung pada maunsia saat makan. namun jadwal pemberian makan diatur.
  6. Setelah melewati masa 1 minggu, maka sudah dipastikan bahwa burung pleci bakalan anda ada niatan untuk hidup. pada masa ini tetap diberi makanan kesukaannya seperti buah dan ulat hongkong serta kroto. buah juga bisa dicampur dengan voer halus misalnya ditempel dengan voer sedikit demi sedikit. hingga burung memakan dan mengenal rasa voer tersebut.
  7. Pemandian pleci, dalam tahap pemandian ini anda harus sesring mungkin memandikan pleci tersebut pada pagi, sore dan malam. agar mempercepat proses penjinakan. pada saat memandikan pleci harus sampai basah kuyup dan sampai pleci tidak berkutik. dalamm proses pemandian pakan jangan diletakkan dalam sangkar. sampai pleci tersebut benar-benar kering baru dikasi makan ulat hongkong 3 dan buah yang di tempel voer. sampai si pleci mau makan voer.
  8. Setelah pleci sudah mulai beradtasi, barulah dilakukan pengkrodongan. pengkrodongan bisa dimulai dari jam 12.00 waktu burung istirahat. dan jangan lupa dilakukan pemasteran.
  9. Kerodong pleci tersebut sampai kelihatan benar-benar terdengar ngeriwik. tapi saat waktuya kandang dibersihkan, pemberian makan, pemandian 3 kali sehari buka krodong. waktu pengkrodongan dimulai jam 12.00 - 15.00 . selanjutnya buka krodong.
  10. Setelah pleci sudah mulai berani ngeriwik, pengkerodongan tidak usah dilakukan, yang terpenting pengkolonian pleci.

Selamat mencoba sobat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar