Skip to main content
×

Cara Mengobati Jamur pada Kaki Burung Kenari

Kicausejati.com - Semula pusing juga, ketika belum mengetahui bagaimana cara mengatasi dan mengobati kaki burung kenari kita yang terkena jamur dan bintik-bintik. Jamur merupakan parasit yang mudah tumbuh di daerah dengan iklim tropis dan memiliki kelembaban udara yang tinggi seperti di Indonesia.

Selain kena gigitan nyamuk, menempelnya jamur pada kaki burung kenari, jika dibiarkan lama-kelamaan akan semakin berkembang biak menjadikan semakin banyak bintil-bintil jamur yang tumbuh di kaki burung kenari kita. Pada akhirnya kaki menjadi pincang dan sakit, tentu akan berakibat pada performa burung kenari akan menurun dan hal terburuk adalah bisa menjadikan kematian pada burung kesayangan kita. 
Cara Mengobati Jamur pada Kaki Burung Kenari
Oleh karena itu, pada posting ini kicausejati.com tidak hanya akan mengulas cara mengobati dan mengatasi jamur pada kaki burung kenari saja, namun disini kicausejati juga mencoba menulis untuk Anda bagaimana mencegah supaya burung kenari Sobat tidak sampai terjangkiti jamur. Dari hasil baca sana-sini dan kejadian yang saya alami sendiri, jamur ternyata bisa dan berpotensi tumbuh pada tempat di sekitar burung yang kita pelihara dan yang kita rawat di rumah. Berikut ini tempat-tempat yang berpotensi bisa menjadi tempat hidup jamur yang bisa hinggap pada momongan kita:  
  1. Sangkar, Lebih baik cat dan lapisi sangkar burung kesayangan kita dengan coating atau melamin, supaya jamur tidak bisa tumbuh pada jeruji bambu  sangkar, rajin membuang kotoran burung di bawah setiap sore/pagi hari dan selalu bersihkan dan cuci sangkar dalam 1 minggu sekali dengan sabun.
  2. Tangkringan, Selain sangkar, kayu tangkringan burung pada sangkar merupakan tempat hinggap favorit burung dan bisa menjadi median tumbuh jamur, sehingga bisa mudah juga menempel di kaki burung kenari kita. Solusinya, juga harus rajin bersihkan dan cuci tangkringan burung kita.
  3. Ruang tempat sangkar, Pelajari juga ruangan tempat kita gantang burung pada sore sampai pagi setelah digantang di teras, apakah tempat tersebut cukup sinar matahari dan baik sirkulasi udaranya. Jangan tempatkan sangkar burung di tempat yang lembab dan kotor.
  4. Kerodong sangkar, Hal ini yang saya alami sendiri, burung kenari saya sebelum dikerodong baik-baik saja..ternyata setelah sering dikerodong jadi kena jamur. Ternyata jamur justru sangat berpotensi tumbuh juga di kerodong sangkar, jadi untuk kerodong lebih baik setiap 1 minggu sekali dicuci dan setrika supaya bersih dan membunuh parasit di kain. Jika siang sedang tidak digunakan, jemur saja kerodong supaya bisa mengurangi parasit hidup di kain kerodong yang berpotensi menular pada burung kita.

Untuk yang sudah terlanjur kaki burung kenarinya  terkena jamur, jangan panik dan galau, jangan juga untuk coba mencabuti jamur-jamur tersebut karena bisa menimbulkan luka dan infeksi…beli saja obat salep kulit seperti Salep 88 atau Salep Ultracillin, oleskan rutin pagi dan sore pada kaki yang terinfeksi jamur. Insya’Allah tidak sampai seminggu sembuh.. Untuk hasil lebih baik, sebelum diolesi salep kulit tersebut, kaki burung yang terinfeksi bersihkan dahulu dengan Rivannol kemudian keringkan dan olesi dengan Salep tersebut.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar