Jenis-jenis Burung Kakatua Asli Indonesia


Kicausejati.com - Indonesia sebagai salah satu daerah beriklim tropis memiliki burung kakatua asli yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut beberapa jenis burung kakatua asli Indonesia.
Jenis-jenis Burung Kakatua Asli Indonesia
Kakatua Maluku

Kakatua ini berasal dari kepulauan Maluku, Indonesia Timur. Ciri khusus yang dimiliki kakatua Maluku yaitu memiliki tinggi kira-kira 45 cm sampai 52 cm. Bobot burung kakatua Maluku sekitar kurang lebih 850 gram. Ciri lain dari burung kakatua maluku, dapat ditandai dengan burung kakatua Maluku jantan, lebih kecil jika dibandingkan dengan kakatua berjenis kelamin betina. Warna bulu juga memiliki kekhasan tersendiri. Pada umumnya burung Kakatua Maluku memiliki warna pada bulunya yaitu, putih agak ping dan mengkilap. Ekornya agak kekuning-kuningan. Burung kakatua ini dapat mengeluarkan suara yang nyaring melengking dan kera. Menurut beberapa sumber, burung Kakatua Maluku merupakan burung Jenis Kakatua terbesar di dunia. Burung ini mampu bertahan hidup sampai 70 tahun.

Kakatua Rawa
Burung kakak tua rawa adalah burung yang berasal dari Papua. Dapat ditemukan juga di negara Papua Nugini dan Australia. Ciri dari Kakatua rawa antara lain memiliki tinggi berkisar 35 cm sampai 41 cm dan memiliki bobot seberat 270 sampai 630 gram. Ciri lainnya adalah pada ukuran paruh. Jika burung lain memiliki perbedaan ukuran paruh atas dan paruh bawah. Burung Kakatua Rawa, tidak demikian. Kedu paruh, atas dan bawah memiliki ukuran yang sama. Jika burung

kakatua maluku berjenis jantan ukurannya kecil dari pada ukuran betina, maka Burung Kakatua Rawa sebaliknya. Ukuran burung kakak tua jantan lebih besar dari ukuran kakatua betina.

Kakatua Putih

Memiliki ukuran tinggi berkisar 46 cm kemudian beratnya kisaran 400 gram, burung Kakatua Putih ini hidup di hutan tropis terutama di daerah Maluku bagian utara. Warna burung ini putih bersih.

Burung kakatua putih merupakan burung yang pintar menirukan ucapan manusia dengan sedikit latihan. Burung kakatua putih ini dapat hidup selama 80 tahun.

Kakatua Jambul Jingga

Kakatua jambul jingga adalah jenis burung kaka tua yang mampu bertahan hidup selama 50 tahun. kakak tua jambul jingga berasal dari daerah Sumba. Burung ini memiliki cakar dan kaki yang sangat kuat. Warna burung ini kuning atau putih kusam. Ciri yang lain tentu memiliki jambul di atas kepalanya yang berwarna jingga.

Kakatua Tanibar

Kakak Tua ini berasal dari kepulauan Tanibar. Provinsi Maluku. Memiliki ukuran panjang berkisar 31 cm dengan berat hingga 250 gram. Burung kakatua Tanibar, disebut sebagai burung  paling kecil didunia.

Kakatua Raja

Berbeda dengan jenis Kakak Tua di atas. Burung Kakak tua ini memiliki waran bulu hitam disekujur tubuhnya. Termasuk paruhnya. Warna lain berupa warna merah di bagian pipi kakak tua raja. Tentu dengan penampakan yang menyeramkan ini, ia disebut dengan kakak tua raja.

Kakatua raja memiliki berat berkisar 900-1200 grm. Ia juga salah satu Kakatua terbesar di dunia. Asal burung kakatua raja adalah daerah Papua.

Bagaimana menurut Anda? Indonesia terbukti sebagai tempat bersemayamnya aneka jenis satwa termasuk burung. Namun jika kita tidak dapat mencegah kepunahan satwa langka termasuk burung kakak tua, amat rugi yang tak terhitung. Oleh sebab itu, Ayo jaga kelestarian satwa dimanapun  dan kapanpun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel