Kelebihan Memelihara Burung Pleci

Kicausejati.com - Burung Pleci atau dalam bahasa latin bernama Zosterops meski kecil tetapi masih saja menjadi primadona kicau mania, nyatanya setiap pergi ke pasar atau bursa burung pasti peminat dan penjual burung Pleci masih tetap terlihat dan selalu ada. Untuk pembuktian di rumahan pun masih banyak juga penyuka kicau yang memeliharaBurung Pleci di rumah untuk dinikmati kicaunya. Memang ada anggapan remeh pada burung Pleci dari sebagian kicau mania, mungkin karena bentuk dan suaranya yang kecil serta harga yang murah dibanding burung kicau lainnya.
Kelebihan Memelihara Pleci
Tidak ada salahnya jika Sobat kicau mania perlu juga untuk mengetahui keistimewaan/kelebihan burung pleci dibanding burung kecil-kecil jenis lain sehingga ketika kita memelihara Pleci di rumah bisa menjelaskan pada kicau mania lain yang menganggap remeh burung Pleci. Lantas kelebihan apa saja yang terdapat pada burung Pleci, posting ini saya tulis berdasar masukan dari teman-teman Pleci Mania dan pendapat saya sendiri:  
  • Ukuran mini/kecil sehingga hanya membutuhkan sangkar yang mini juga “tidak terlalu besar” sehingga sangat mudah dibawa-bawa untuk latber atau sekedar jalan-jalan.
  • Termasuk burung yang cepat dan mudah beradaptasi.
  • Harga bakalan Pleci yang relatif murah dan terjangkau, sehingga sering menjadi alternatif kicau mania berkantong minim.
  • Mudah dalam perawatan sehari-hari, misal makanan diberi Voer plus air minum saja juga bisa atau ditambah buah, serangga kecil ataupun air gula/madu. Tanpa serangga seperti kroto atau ulat Hongkong Pleci juga tetap masih mau berkicau.
  • Mudah berkicau, sehingga kicau mania mudah dan cepat menikmati kicaunya di rumah. Jika dalam kondisi sehat dan fit, Pleci akan terlihat lincah dan lucu untuk dinikmati dengan dilihat tingkahnya..
  • Bisa dimaster dan dijadikan masteran, inilah keistimewaan burung Pleci dibanding burung kecil lainnya. Pleci bisa meniru suara burung lain, semisal ciblek, kenari, blacktroath dll..Digantang bersama burung lain yang bisa dimaster, Pleci juga bisa menjadi alternatif masteran. 
Demikian Sobat, posting saya mengenai keistimewaan burung pleci dibanding burung kecil lainnya. Jika ada yang ingin menambahkan tentang kelebihan memelihara burung pleci silahkan tulis di komentar, setidaknya posting ini bisa menambah percaya diri Pleci mania untuk tetap menyukai kicau burung kecil yang unik dan lucu berkacamata putih ini.
Comments