Kenali Yuk! Jenis Burung Murai Batu yang Paling Diminati


Kicausejati.com - Jenis burung murai batu yang paling diminati para penghobi kicau mania adalah burung murai batu (Copsychus malabaricus). Burung ini bisa di bilang salah satu jawara atau favorit di arena perlombaan.

Selain warnanya yang gahar,yaitu hampir keseluruhan  hitam pekat dengan perpaduan orange di dadanya , ternyata burung ini mempunyai suara yang bagus, dengan gaya ekor yang di kibaskan sewaktu bunyi.Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari murai batu.
Kenali Yuk! Jenis Burung Murai Batu yang Paling Diminati
Namun sayang keberadaan nya di alam bebas terancam habis,karena perburuan liar yang semakin marak di lakukan. Ada 6 jenis murai batu yang paling dicari saat ini, hal ini di karenakan jenis burung ini mempunyai kualitas unggul.berikut 6 jenis burung murai batu paling diminati:

1. Murai Batu Medan

Murai batu medan ini adalah paling diminati oleh para kicau mania, suaranya termasuk yang paling baik .Burung ini banyak ditemukan di Bukit lawang, bahorok kaki gunung leuser provinsi sumatr utara.ukuran burung ini cukup besar ukuranya 27-30 cm, badannya sangat terlihat kokoh.

2. Murai Batu Nias

Murai batu Nias ini bisa dibilang burung paling cerdas, karna proses pemasterannya tidak terlalu suli, dan mudah meniru suara burung disekitarnya.

3. Murai Batu Lampung

Jenis yang satu ini sudah terbilang agaj susah ditemukan di alam bebas. Hal ini yang menyebabkan harga burung ini melambung.Murai batu lampung memiliki buntut yang tidak terlalu panjang.

4. Murai Batu Jambi

Murai batu jambi terlihat mirip dengan murai batu lampung , perbedaannya pada bentuk tubuh murai batu jambi yang lebih kecil. Burung ini dapat di temui di daerah bengkulu, jambi dan sumatera selatan.

5. Murai Batu Aceh

Murai batu ini terkenal dengan kecantikan tubuhnya,namun burun ini semakin jarang ditemui di alam , dan terancam punah. Harga murai batu ini bisa mencapai 5 juta per ekor.Habitat asli burung ini adalah di kaki gunung leuser .

6. Murai Batu Jawa

Burung ini biasa disebut larwo, kadang dianggap bukan dari keluarga murai batu. Namun jika diurutkan silsilahnya, larwo masih masuk kedalam keturunan Capshycus atau masih satu keturunan dengan murai batu.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai jenis-jenis murai batu yang paling diminati di Indonesia. sobat kicau mania lebih suka yang mana? Kalau saya pribadi lebih suka murai batu medan. Semoga bermanfaat!
Comments