Membedakan Suara Pleci Ngalas dan Ngerol

Kicausejati.com - Sering kali lihat di forum Pleci mania, teman-teman forum yang baru bergabung menanyakan bagaimana beda suara dan gaya burung pleci ketika ngalas dan ngerol. Semula saya sendiri juga kurang paham, kalau teman-teman senior penyuka pleci ngomongin plecinya ngerol. Plecinya sudah buka paruh dan pleci sudah ngalas panjang. Ternyata membedakan antara pleci ngalas dan pleci ngerol cukup mudah dan sangat mudah, dan saya rasa lebih sulit ketika mencari bakalan burung Pleci yang bagus dan bisa ngerol maupun ngalas juga di dalam kandang ombyokan.
Membedakan Suara Pleci Ngalas dan Ngerol
Memilih pleci bakalan berkualitas di dalam ombyokan memang butuh kejelian dan pengalaman, perlu kejelian karena memilih burung pleci sekian banyak di dalam ombyokan dengan warna dan bentuk tubuh nyaris sama bukan hal mudah. Kemudian untuk pengalaman, ya jelas karena saya lihat teman-teman senior pleci mania sudah bisa melihat pleci bagus dari bentuk badan atau katuranggan burung Pleci. Bagi pemula penghobi jenis burung ini, selain sering membaca artikel, kamu juga bisa gabung dengan komunitas burung pleci disekitar daerah kamu.

Oke, langsung saja kicausejati.com berusaha mengulasnya tentang membedakan suara pleci ngerol dan ngalas di bawah ini:
  • Pleci Ngerol: Yang dinamakan pleci ngerol, yaitu ketika burung pleci terus bernyanyi tanpa putus..biasanya ngerol diikuti dengan sayap kanan kiri sedikit turun, kepala geleng-geleng sambil menjulurkan leher..rasanya indah sekali jika melihat pleci kita bisa seperti di atas.
  • Pleci Ngalas: Pleci ngalas, yaitu suara atau kicau pleci lebih seperti kicau call/panggil tetapi terus-menerus..biasanya pleci bakalan yang belum ngalas hanya berbunyi sekali ciit…ciit, namun ketika pleci sudah ngalas..suara call berupa ciiit…ciiit akan terus diulang dan bersambung sambil membuka paruhnya.

Ulasan di atas bisa kamu coba praktekkan sekarang, selain itu kamu juga bisa membaca artikel dari sumber lainnya untuk dijadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kamu tentang burung yang mungil ini. Semoga berhasil dan sukses!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel