Skip to main content
×

Mengenal Burung Murai Batu


Kicausejati.com - Murai Batu termasuk burung kicauan yang banyak digemari orang, banyak lomba diadakan di berbagai daerah untuk menyemarakkan ajang perburungan. Namun sayangnya saat ini populasi burung murai batu sudah sangat berkurang di alam bebas, walaupun sudah banyak orang yang telah berhasil membudidayakan burung ini. Hal ini jelas karena burung murai memiliki nilai jual yang cukup menggiurkan. Di lingkungan penggemar burung murai, ada beberapa jenis yang digemari orang yaitu :
Mengenal Burung Murai Batu
1. Burung Murai Batu Medan

Burung murai medan adalah yang paling bagus, menawan dan digemari banyak orang. Murai batu medan mempunyai kicau yang bagus, memiliki ekor yang cukup panjang. Ketika berkicau, burung ini menggerakkan ekornya naik dan turun dengan gesitnya. Namun sayangnya murai batu jenis jarang dilombakan karena memiliki ekor terlalu panjang. Ekor yang panjang akan membutuhkan energi yang banyak ketika berkicau. Di pasaran, harga murai batu jenis ini rata rata lebih dari satu juta rupiah untuk burung yang baru ditangkap atau burung gropyokan atau burung tangkapan. Sedangkan harga burung yang sudah berkicau harganya jauh lebih mahal.

2. Murai Batu Kalimantan

Ciri murai batu kalimantan memiliki tubuh yang lebih besar dan ekor lebih pendek. Warna bulu mulai kepala hingga dada bagian bawah berwarna hitam. Murai batu ini kurang banyak penggenarnya. Sebenarnya burung jenis ini mempunyai kicau yang bagus namun mental tempurnya di perlombaannya rendah atau buruk. Karena hal inilah murai jenis ini harganya lebih rendah dari lainnya.

3. Murai Batu Lampung

Murai Batu lampung memiliki tubuh kecil, jika berkicau tidak tentu menggelembungkan dadanya seperti jenis murai kalimantan. Gaya bertarungnya cukup bervariasi, ada yang mematuk seperti ular, ada yang mematuk seperti ayam jago yang bertarung yaitu dengan menaik turunkan kepalanya. Variasi kicauan burung ini juga lebih bervariasi dibanding jenis lainnya. Murai lampung memiliki ekor lebih panjang daripada murai Kalimantan dengan perpaduan warna ekor putih pendek dibawah ekor utama,adapun ekor murai lampung yang panjang disebut lampung super. Bagi penggemar murai batu, jenis inilah yang paling disukai karena burung jenis ini bertubuh ramping dan ekorya tidak terlalu panjang, volume serta variasinya sehingga paling cocok dipakai untuk perlombaan.

4. Murai Batu Nias

Murai batu nias bercirikan atau memiliki postiur tubuh mirip dengan murai batu lampung. Satusatu bedanya adalah jenis ini tidak memiliki bulu ekor yang berwarna putih. Sedangkan volume suara kicaunya paling keras. Banyak yang mencari murai betina jenis ini untuk diblaster atau disilangkan dengan murai jenis lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar