Skip to main content
×

Tips Memilih Burung Perkutut Bakalan

Kicausejati.com - Membeli dan memilih anakan perkutut atau perkutut piyik memerlukan ketelitian dan kejelian khusus agar tidak kecewa di akhir nanti. Karena banyak pemelihara perkutu yang telah merawat bakalan perkutut dengan baik, namun harus keccewa karena hasilnya tidak sesuai yang diharapkan dikarenakan salah memilih bibit. BErikut ada bebrapa kriteria memilih perkutut agar tidak kecewa.
Tips Memilih Burung Perkutut Bakalan
Pilihlah perkutut jantan. memilih bakalan perkutut haruslah yang jantan karena perkutut jantan mempunyai suara yang lebih bagus, suaranya nyaring dan power suara lebih besar. Artinay bakalan perkutut yaitu anakan perkutu dari baru menetas hingga 5 bulan yang sudah menampakkan suaranya.

Cara membedakan perkutut jantan dan betina, dapat dilakukan dengan melihat supit (tulang di bawah dubur). Kalau supit rapat atau hampir bersentuhan, maka perkutut tersebut jantan. Namun sebaliknya jika jarak tulang supitnya lebar (sekitar 1 cm atau seukuran jari tangan), maka perkutut tersebut betina. Cara ini hanya dapat dipakai setelah perkutu berumur 4 bulan.

Perkutut jantan jika sudah menginjak dewasa nampak dari bentuk kepala, bentuk bola mata, bentuk fisik dan suara. Bola mata perkutut jantan lebih menonjol dan mata tajam, sedangkan betina nampak sayu dan mata lemah atau sayu. Kepala perkutut jantan berukuran lebih besar dari perkutu betina. Begitu juga dengan ukuran fisik tubuh, yang jantan biasanya lebih besar dibandingkan dengan yang betina. suara pun juga demikian, suara perkutut jantan lebih keras dibandingkan yang betina.

Kita juga perlu melihat kesempurnaan supit perkutut jantan, supit harus lah sama panjang dan sejajar. Walaupun kita sudah mengetahui bahwa perkutut tersebut jantan, tetapi tidak ada salahnya kalau kita melihat lagi kesempurnaan supitnya. Walaupun suara bagus tetapi kalau supitnya tidak sempurna, maka kurung disukai penghobi perkutut karena dianggap cacat menurut katuranggan.

Perkutut piyik yang baru berumur beberapa hari sulit dibedakan jenis kelaminnya,utuk membeli anakan perkutut semacam ini didasarkan pada track record dari peternak yang sudah banyak melahirkan banyak juara.Cara membeli perkutut model ini adalah dengan booking dulu, tetapi cara ini mempunyai resiko yang tinggi. Cara ini dipakai pada peternak perkutut yang sudah punya nama. 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar