Skip to main content
×

Tips Memilih Calon Indukan Burung Perkutut yang Berkualitas


Kicausejati.com - Indukan burung perkutut yang bagus dan menghasilkan anakan burung perkutut yang berkualitas memang menjadi pilihan baik bagi setiap peternak burung perkutut. Faktor kejelian dan ketelitian dalam memilih itu tentu juga memerlukan beberapa pedoman penting, diantaranya berikut dibawah ini gan yang bisa kamu pelajari.
Tips Memilih Calon Indukan Burung Perkutut yang Berkualitas
  1. Burung harus sehat dan tidak cacat, jika kakinya cacat akan menganggu aktifitas saat melangsungkan perkawinan.
  2. Burung berusia minimal 1 tahun, terlalu muda usia dapat  mengakibatkan indukan jadi mudah sakit karena perkawinan di bawah umur (kayak pernikahan dini aja ya, hehe). Jangan juga dipilih indukan burung perkutut yang sudah berusia 10 tahun, walau mungkin masih bisa bertelur, namun kualitas suaranya biasanya sudah menurun.
  3. Perhatikan kualitas suara baik volume, irama, ketukan, ujung dan latar. Pilih sesuai dengan karakter suara yang ingin dihasilkan.  Usahakan dari beda keturunan untuk meningkatkan kualitas suara dan mencegah anakan cacat karena perkawinan sedarah.
  4. Memiliki keturunan yang jelas dari bapak ibu kakek nenek nya. Trah darah ini dipilih yang sesuai dengan kriteria suara yang diinginkan. Ada trah burung yang kuat di suara ujung, kuat di ketukan tengah, kuat di volume dan sebagainya.

Bagaimana gan, sudah menguasai belum beberapa tips cara memilih calon indukan burung perkutut diatas? jika belum, silahkan dipelajari dahulu dan semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca referensi dari sumber artikel yang lain agar bisa dijadikan perbandingan.

Lakukan dengan teliti biar kamu bisa mendapatkan indukan burung perkutut yang berkualitas ya!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar