Skip to main content
×

Tips Menjodohkan Burung Kenari untuk Pemula

Kicausejati.com - Perlu diketahui banyak sekali tips dan trik cara menjodohkan kenari,  tapi dari sekian banyak point, saya merangkum menjadi beberapa point penting. Seperti memilih jantan yang tepat, proses pendekatan burung kenari, dan pencampuran kenari betina dan jantan.

Cara menjodohkan burung kenari,  saat membeli pejantan disarankan burung tersebut sudah dapat membuahi si betina, dan kalo bisa burung pejantan ini sudah memiliki kicauan ,atau semi gacor. Lebih baik lagi burung ini termasuk jawara di arena kontes, tentunya potensi betina kenari nantinya akan menurunkan keanak kenari itu nantinya.
Tips Menjodohkan Burung Kenari
Perlu diketahui juga burung kenari ini biasanya sudah gacor pada usia 8 bulan lebih , walaupun ada juga yang baru 5-6 bulan sudah mulai gacor. Untuk proses penjodohan bisa dilakukan pendekatan dahulu, dengan cara mendekatkan kandang keduanya. Biasanya akan terlihat reaksi si jantan, jika jantan merespon , dengan mengepak atau menurunkan sayap itu tandanya si jantan mulai tertarik atau birahi pada si betina.lakukan proses pendekatan ini selama 3 hari, setelah itu coba satukan jantan dan betina dalam satu kandang dan liat lagi reaksinya.

Jika respon si jantan berani melawan atau mengejar si betina , tandanya ia sudah siap kawin. Kalau betina sudah sangat birahi biasanya si betina langsung ngeter atau posisi untuk kawin, dan terjadilah perkawinan antara betina dan si jantan.

Keunikan burung kenari ini saat memasuki proses kawin adalah, pejantan bisa membuahi betina manapun,dalam kata lain misal ada 6 burung , 1 jantan 5 betina, si jantan yang 1 ini dapat membuahi 5 betina ini. Hal ini biasanya dilakukan oleh para peternak kenari. Namun alangkah baiknya kita menyediakan cadangan pejantan.

Keunikan cara ternak kenari ini bertolak belakang dengan cara berternak burung lovebird, lovebird tidak akan kawin lagi kecuali salah satu dari mereka mati atau pergi dari sangkar.

Tips menjodohkan kenari untuk pemula
  1. Kenari jantan dan betina benar-benar sudah matang usianya dan siap untuk dikawinkan.
  2. Jangan asal mencampur betina dan jantan tanpa melakukan pendekatan dahulu.
  3. Pendekatan dilakukan dengan cara menempelkan kandang betina dan jantan. Gantung dalam jarak yang dekat.
  4. Penyatuan jantan dan betina dilakukan jika si jantan sudah mulai mengejar si betina , dan betina sudah merespon dengan cara menggeleparkan sayapnya .hal ini terjadi sewaktu proses pendekatan, dan menandakan burung ini sial dikawinkan.
  5. Ulangi proses diatas terus menerus jika burung kenari belum mau kawin.

Demikianlah tips cara menjodohkan burung kenari.Semoga dapat menambah pengetahuan kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar