Skip to main content
×

Yuk Kenali, Karakter Burung Murai Batu Medan


Kicausejati.com - Burung Murai Batu Medan saat ini termasuk jenis burung  yang diburu para kicau mania, karena jenis burung ini memiliki bentuk tubuh yang indah nan eksotis dengan ekornya yang panjang, ditambah dengan kualitas kicaunya yang merdu. 
Yuk Kenali, Karakter Burung Murai Batu Medan
Mempunyai suara kicauan yang merdu, membuat jenis burung ini mempunyai daya jual yang sangat tinggi. Para penghobi burung pun banyak membudidayakannya sekarang.
Burung Murai Batu Medan sebenarnya hanya sebuah istilah paka ekor panjang yang dimiliki. Pasalnya, burung Murai Batu jenis ini tidak hanya didatangkan dari Medan saja. Untuk membudidayakannya kamu harus mengenali ciri-cirinya terlebih dahulu.

Ciri Ciri Burung Murai Batu Medan

Murai Batu Medan ini selalu identik disebut dengan burung murai batu ekor panjang, seringkali kita temukan  pedagang nakal  yang melakukan kecurangan dengan cara menyambungkan ekor burung Murai ekor pendek, untuk memperoleh keuntungan yang tinggi . Murai Batu Lampung sering sekali diakui sebagai Murai Batu Medan oleh oknum pedagang yang nakal. Terkadang murai batu Medan hasil dari silangan pun bisa dinilai sebagai Murai Batu Medan jika memiliki ekor panjang dan motifnya mendekati motif ekor dari burung Murai Batu Medan.

Anda haru benar-benar teliti dan jeli untuk memilih burung Murai Batu Medan yang benar. Karena,umumnya burung Murai Batu Medan ini memiliki ciri khas yang sama sekali berbeda dengan Murai Batu yang lainnya.

Ciri-ciri Murai Batu Medan ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan Murai Batu jenis lainnya. Namun bentuk tubuhnya tetap ideal karena serasi dengan panjang ekor. Ciri pada bagian kepala Murai Batu Medan memiliki bentuk yang sangat bagus.
Dan pada saat jenis burung murai batu medan ini berdiri tegak, kepala burung akan terlihat lebih sempurna lagi. Ekornya panjang dengan ukuran antara 14cm-27cm atau tergantung indukannya, berbentuk melengkung.

Motif ekor burung murai batu Medan terdapat empat pasang bulu berwarna putih tegas yang terdapat pada sisi kanan kiri ekor. Ciri-ciri burung ini juga ada strip berwarna hitam membelah secara horizontal dari pangkal ekor. Kadang corak putih ini membentuk huruf “U” yang terpotong di bagian tengahnya.

Warna hitam pada jenis burung ini begitu kontras mengkilat. Jika dijemur dan terkena matahari, akan memancarkan warna efek sinar yang kebiru-biruan.
Sedangkan untuk warna pada bagian kaki burung ini seringkali dijumpai berwarna merah kecokelatan.

Namun tidak jarang juga dijumpai kakinya berwarna hitam. Bentuk kaki Murai Batu Medan akan melekuk seperti belimbing jika sudah tua.

Suara Burung Murai Batu Medan

Suara kicauan Murai Batu Medan biasanya sangat variatif. Ciri ciri volume yang dikeluarkan sangat keras dan ngebas. Nada awal pada waktu mengeluarkan nada alamnya menunjukkan bahwa nada murai medan sangatlah keras serta agak besar. Tetapi ketika menirukan nada burung lain, jadi terdengar nyaring serta bahkan juga lebih keras dari pada burung yang ditirukan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar