Cara Memaster Burung Kacer


Kicausejati.com - Memaster burung kacer dengan suara-suara burung masteran memang agak gampang-gampang susah, disini sobat kicausejati dituntut harus selalu konsisten dalam penerapan proses pemasteran.
Cara Memaster Burung Kacer
Penentuan suara masteran pun bisa menjadikan kunci sukses dalam memaster burung kacer kesayangan kita, selain itu faktor kesehatan burung dan lingkungan tempat tinggal burung merupakan hal terpenting dalam proses pemasteran.

Berikut ini merupakan tips cara memaster burung kacer ala kicausejati silahkan. Simak yuk!
  1. Tentukan jenis suara burung masteran yang akan sobat kicau gunakan dalam proses pemasteran. Rekomendasi suara: lovebird, kapas tembak, celilin, belalang, jangkrik dan cucak ijo.
  2. untuk suara diluar yang direkomendasikan juga boleh, tapi mengingat jenis suara diatas merupakan jenis suara yang cocok dengan karakter suara burung kacer.
  3. Proses pemasteran lebih optimal pada saat mabung, dalam hal ini burung kacer lebih tenang dalam mendengarkan suara masteran, proses pemasteran bisa juga dilakukan pada saat top performa tetapi ada beberapa sebagian burung kacer yang tidak terlalu senang dimaster pada kondisi seperti tersebut, dan yang ada malah memancing burung kacer mengeluarkan sifat figternya, maka disini saya rekomendasikan memaster burung kacer pada saat mabung adalah hal yang lebih baik.
  4. Sediakan ruangan khusus untuk pemasteran, upayakan dan pastikan tidak ada binatang pengganggu yang dapat menghambat proses pemasteran nantinya.
  5. Untuk proses master ada 2 media yaitu menggunakan burung master dan perangkat elektronik sebagai media master, untuk rekomendasi ada baiknya menggunakan burung masteran yang lebih terasa alami.

Ok!, jika point diatas sudah sobat kicau mengerti, sekarang tinggal sobat kicau terapkan langkah tahapannya dibawah ini.
  • Proses pemasteran sesi pertama bisa dilakukan pada jam 10.00 hingga jam 12.00 WIB.
  • Proses pemasteran sesi kedua bisa dilakukan pada jam 15.00 hingga jam 17.00 WIB.
  • Pada malam hari proses pemasteran ditiadakan untuk memberikan waktu jeda guna dipergunakan burung kacer untuk beristirahat.
  • Untuk materi suara masteran diperdengarkan kurun waktu minimal 2 minggu, jadi sebagai contoh jika sobat kicau memilih suara burung kapas tembak sebagai masteran, maka perdengarkanlah suara burung kapas tembak tersebut minimal 2 minggu, untuk volume suara masteran bisa dengan ukuran suara sedang saja.

Dibutuhkan kesabaran dalam memaster burung kacer, jika sobat kicausejati sudah menerapakan hal-hal diatas maka besar harapan suara burung masteran tersebut akan ditirukan oleh burung kacer sobat. Selamat mencoba!
Comments