Skip to main content
×

Panduan Sebelum Membeli Burung Anis Merah


Kicausejati.com - Setelah anda mengenal betul mengenai burung anis merah ini, karakteristik, cara perawatan secara umum dan memahami betul segala kendala dan permasalahan yang nantinya akan anda hadapi. Barulah anda bisa memutuskan untuk membeli burung ini., bukan rahasia lagi bahwa burung anis merah adalah favorit kicau mania, diberbagai daerah pada setiap event lomba burung anis merah baik tingkat latber ataupun regional bahkan nasional kelas ini selalu saja dibanjiri para kontestan. Tak ayal lagi hal ini berdampak pada nilai ekonomisnya yang dari waktu ke waktu terus saja menanjak harga jualnya.
Panduan Sebelum Membeli Burung Anis Merah
Dan bagi anda pemula yang ingin memelihara burung ini, saya sarankan belilah yang masih bakalan. Selain harganya lebih murah anda akan mendapatkan kepuasan dari memelihara anis merah bakalan sampai gacor.

Sebelum anda memutuskan membeli burung anis merah bakalan ada baiknya pertimbangkanlah hal-hal berikut, agar anda lebih berhati-hati dalam membeli.
  1. Sebaiknya belilah burung anis merah bakalan yang masih trotol, pilihlah yang kira-kira jantan, kenapa saya bilang kira-kira jantan? karena menurut saya sampai saat ini belum ada yang bisa membedakan burung ini jantan dan betina 100% benar.
  2. Bila terpaksa membeli burung anis merah bakalan yang sudah ganti bulu atau muda utan, sebaiknya belilah dari orang yang bisa anda percaya. Jangan membeli bakalan yang kelihatannya sudah tua (biasanya kaki sudah bersisik dan kelihatan kering).
  3. Jangan pernah tergiur membeli burung anis merah yang sedang mabung atau ganti bulu, walau sang penjual mengatakan bahwa burung tersebut bukan bakalan tapi anis merah yang sudah pernah bunyi dan sekarang sedang mabung atau baru beres mabung (ngolotkeun bulu kata orang sunda mah). Kecuali anda mengetahui riwayat burung anis merah tersebut (anda pernah lihat sendiri burung tersebut pernah bunyi).
  4. Dari perbincangan dengan teman yang telah beberapa kali berhasil memelihara burung anis merah bakalan dari trotol sampai ngemplong atau bunyi. Bahwa standar bunyi burung anis merah yang dia pelihara dari trotol sampai bunyi adalah begitu semua bulu anakan atau trotol telah ganti semua menjadi bulu dewasa (perkiraan waktu 5bln-8bln). Hal tersebut tergantung mental dan karakter burung tersebut.
  5. Percaya atau tidak kemantapan hati atau feeling, dan keberuntungan sangat besar pengaruhnya dalam menentukan pilihan anda dalam memilih burung anis merah bakalan. jadi sinkronkan antara hati dan hasrat membeli.
  6. Jangan pernah merasa aman dengan sistem garansi, jika bakalan burung anis merah yang kita beli ternyata betina bisa ditukar lagi. Kenyataannya hal ini tidak berlaku, kebanyakan penjual beralasan bahwa burung tersebut benar-benar jantan hanya belum waktunya bunyi. Bila si penjual benar-benar bertanggung jawab, coba anda beri opsi mengenai garansi tersebut. Misalnya batasan waktu 1tahun, atau setelah selesai ganti bulu burung tidak bunyi uang kembali. Saya yakin si penjual tidak akan berani. Jadi abaikan saja tentang garansi yakin saja pada diri anda sendiri bila ternyata anis merah betina yang kita beli. Itu adalah resiko.
  7. Bila di tempat anda atau daerah dekat tempat anda terkenal banyak burung anis merah bakalan di alam, ada baiknya anda membeli langsung dari penduduk setempat yang biasa menangkap burung anis merah di alam, ketimbang dari pengepul yang ada di kota, karena burung anis merah sortiran alias sisa. Yang pasti kwalitas anis merah ini diperkirakan kurang baik.

Saya rasa sementara ini cukup itu saja tips membeli anis merah bakalan, bila nantinya ada tips-tips lain pasti saya share di sini. Mohon maaf bila ada yang tidak sependapat, saya hanyalah seorang pemula dan sebenarnya sangat awam mengenai burung ocehan jenis anis merah ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar