Tips Memandikan Burung Kacer Giras Liar

Kicausejati.com - Mandi merupakan salah satu bagian terpenting dalam merawat burung kacer, namun aktivitas mandi ini akan terasa sulit apabila burung kacer yang akan dimandikan masih tergolong burung yang masih giras ataupun liar.
Tips Memandikan Burung Kacer Giras Liar
Karena apabila terkena air, burung kacer giras ini akan langsung panik serta kelabakan didalam sangkar, hal ini dapat memicu terjadinya stress terhadap burung kacer tersebut.
Kali ini kicausejati.com ingin berbagi tips mudah memandikan burung kacer yang masih giras, pertama semprot burung kacer dengan menggunakan semprotan atau spraying secara lembut, tekan air yang dihasilkan semprotan jangan terlampau deras ataupun keras, cukup disemprot dengan lembut.

Semprot sebentar saja, ingat jangan sampai basah kuyup dan tunggu selama 3 menit, amati burung dan perhatikan apabila burung coba menata ulang kondisi bulu-bulu ya, lanjutankan penyemprotan kembali dan begitu selanjutnya hingga basah kuyup.
Lakukan hal tersebut secara rutin maka dalam waktu 1 bulan burung kacer tersebut sudah tidak kelabakan lagi pada saat dimandikan.

Hal terpenting dalam memandikan burung kacer yang masih giras agar tidak telampau terburu-buru, agar burung tidak panik dan menimbulkan trauma akibat mandi yang dilakukan secara paksa dan kasar.

Untuk burung kacer giras yang liar memang diperlukan perlakuan yang berbeda dalam hal memandikan, agar tidak membuat burung kacer cepat stres. Selamat mencoba, salam kicau sejati!
Comments