Kenali Tanda-tanda Awal Burung Kacer Mabung Pertama


Kicausejati.com – Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri burung kacer bogor atau kacer poci atau kacer dada putih mabung untuk pertama kalinya? Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai ciri-ciri burung kacer yang masih muda yang baru mengalami masa mabung untuk yang pertama kalinya. Seperti kita ketahui untuk tahapan burung mabung sendiri itu merupakan siklus alami burung, yang prosesnya bertahap mulai dari mabung pertama (burung masih muda) hingga mabung berikutnya (burung beranjak dewasa hingga sudah tua). Dan dari tahapan mabung tersebut kita bisa mengetahui apakah burung tersebut masih muda, dewasa atau sudah tua selain dari ciri-ciri yang sering kita dengar.
Kenali Tanda-tanda Awal Burung Kacer Mabung Pertama
Pada burung kacer poci atau dada putih ini akan terlihat tanda-tanda bahwa burung masih muda bisa dilihat dari bulu pada bagian pinggiran dada putihnya, yang berdekatan dengan sayapnya masih terlihat warna hitamnya yang seperti kabut atau warna putihnya belum terlihat putih bersih dan seperti berkabut hitam. Dan ini sangat jelas berbeda dengan burung yang sudah beranjak dewasa atau pun sudah tua yang mengalami 2 kali mabung atau lebih.

Burung yang masih muda juga ditandai dengan pangkal paruh yang terlihat bergaris dengan warna terang yang akan terlihat berwarna kuning pada burung yang masih sangat muda. Sedangkan pada burung yang sudah tua akan Nampak bibir dipangkal paruhnya terlihat seperti memanjang. Pada kaki burung muda terlihat seperti hitam basah dan juga belum bersisik.
Comments