Mengenal Ciri-ciri Khusus Burung Gelatik Batu


Kicausejati.com - Burung gelatik batu merupakan burung yang sangat indah dan memiliki kicauan yang sangat merdu tidak kalah dengan burung kicauan jenis lainya. Burung ini memiliki ciri yang khas agar para penggemar mudah mengenalinya, tubuh berukuran kecil kira kira kurang lebih 13 cm. Warna tubuh burung gelatik batu ini berwarna hitam, putih dan bu-abuh, pada bagian kepala, dan kerongkongan berwarna hitam serta terdapat bercak putih disisi muka terdapat strip putih pada sayapnya.
Mengenal Ciri-ciri Khusus Burung Gelatik Batu
Burung jenis ini memiliki sifat yang energik dan lincah, biasanya aktif bergerak naik turun di pucuk pohon atau areal tanah. Burung ini juga senang berburu dalam kelompok atau berpasangan, Di alam bebas jenis burung tersebut memakan berbagai jenis serangga, biasanya burung jenis ini sering kali berkembang biak pada bulan April-Juni.

Perbedaan Burung Gelatik Batu Jantan dan Betina

Pada burung gelatik batu jantan terdapat pada garis hitam yang melingkari leher memanjang ke dada sampai ekor. Sedangkan pada burung betina garis hitam tersebut hanya sampai dada saja. Sangat mudah bukan untuk dapat membedakan burung jantan dan betina kususnya untuk para pemula?
Burung gelatik batu muda juga sudah ada ciri garis hitam ini, khususnya pada burung jantannya. Meskipun warnanya agak samar. Jika kita mendapatkan bakalan muda hutan dapat langsung membedakan antara burung betina atau burung jantannya.

Cara Perawatan Harian Burung Gelatik Batu

Cara merawat burung gelatik batu ini tidak begitu susah koq! Hanya cukup dimandikan dengan disemprot lalu dijemur. Dan melatih mental burung dengan sering di gantang dengan burung lainya seperti ciblek atau burung dengan ukuran yang hampir sama agar mendapatkan variasi suara yang cukup bervariasi . untuk memancing agar rajin berkicau lebih baik dengan burung yang sudah gacor. Burung ini tidak begitu pintar meniru suara burung lainnya, dulu burung gelatik batu batu dipelihara untuk mastering burung kicau yang sudah populer seperti burung anis, kacer ,murai batu dan lain-lain.

Pakan Burung Gelatik Batu

Pakan yang dapat di berikan kepada burung gelatik batu jika burung tersebut sudah memakan voer halus bisa juga diberikan ulat kandang, ulat hongkong maupun jangkrik yang berukuran kecil. Cara ini bisa diberikan tiap hari untuk menambah birahi burung tersebut supaya dapat berkicau, dan apabila sudah rajin berkicau jangan lupa berikan kroto tiap 2 hari sekali.
Comments