Tips Mudah Merawat Burung Love Bird Bagi Orang yang Sibuk


Kicausejati.com - Saat ini memang banyak sekali para pecinta lovebird ngekek yang sibuk bekerja sehingga merasa kurang waktu dalam merawat burung lovebird jagoannya. Tetapi disisi lain mereka juga tetap menginginkan untuk menggantangkan atau ikut lomba diwaktu-waktu yang senggang dan tetap moncer digantangan.

Berikut saya rangkum beberapa tips dari para master yang mungkin berguna untuk kita semua.
Tips Mudah Merawat Burung Love Bird Bagi Orang yang Sibuk
Lokasi atau Ruangan

Untuk teman-teman kicau sejati yang sibuk bekerja disarankan memiliki ruangan khusus yang mendapatkan sinar matahari cukup di pagi hari dan siang hari. Usahakan ventilasi atau jendela menghadap ke timur sehingga bagi kamu yang tidak sempat melakukan rutinitas penjemuran, tidak perlu repot karena otomatis pagi hari LB kita sudah terkena sinar matahari. Penghawaan ruang atau sirkulasi udara juga harus kita perhatikan, dengan memperbaiki atau menambahkan lubang-lubang pada dinding ruangan. Kondisikan situasi ruangan terasa sejuk dan alami dengan menempatkan tanaman-tanaman atau membuat kolam kecil dengan pompa air sehingga terdengar suara gemericik air.

2. Settingan Harian

Settingan bisa kondisional, sesuai dengan jadwal kerja kita masing-masing, intinya yaitu makanan harian jangan pernah dirubah sesuai kesukaan LB jawara kita. Untuk ekstra fooding dan vitamin berikan minimal seminggu 2-3 kali sebagai selingan. Setiap pagi sebelum berangkat kerja buka kerodong dan berikan sekat apabila LB kita lebih dari 1 ekor. Sepulang kerja baik sore atau malam hari lakukan ritual mandi malam dengan melepas pakan dan minum terlebih dahulu , angin-anginkan sampai kering bisa didekatkan lampu penghangat ruang kalau diperlukan, setelah itu kerodong kembali.

3. Menjelang Lomba

Usahakan seminggu atau 3 hari menjelang lomba, setiap hari kita kontrol kondisi burung lovebird kita terlebih dahulu, semisal terlihat rajin ngekek, badan kencang dan tidak menggelembung maka lovebird kita layak untuk digantangkan. Namun apabila terlihat sering menggelembung dan tidak dalam kondisi fit maka lebih baik kita cancel terlebih dahulu daripada KO pada saat lomba. Berikan asupan Vitamin plus EF setiap hari mulai dari H-3 untuk menambah stamina supaya LB fit ketika dilapangan. Pada saat dilapangan sesuaikan settingan seperti kebiasaan kita masing-masing.

Demikian sharring tips singkat kali ini, apabila ada para master yang ingin menambahkan ilmunya silahkan ikut corat coret, semoga bisa jadi ilmu yang bermanfaat, indahnya berbagi. Selamat Mencoba!
Comments