Skip to main content
×

3 Faktor Keberhasilan Dalam Berternak Kenari

Kicausejati.com - Ok sobat, kali ini kami akan membahas ibarat halnya judul dari artikel kali ini, karna kami akhir-akhir ini semakin banyak para teman kicau mania yang menanyakan mengenai banyak sekali hambatan dalam berternak dari burung yang bersuara merdu ini. Untuk membantu parasobat Kicausejati kami akan coba bahas mengenai 3 faktor penyebab suksesnya berternak kenari...

 kali ini kami akan membahas ibarat halnya judul dari artikel kali ini 3 Faktor Keberhasilan Dalam Berternak Kenari

Dalam dunia perternakan ada alur proses secara alamiah yang harus diikuti dan tidak dapat dipaksakan. Dimana setiap makhluk hidup akan mengalami siklus bereproduksi sehabis dewasa, demikian juga dengan kenari. Kenari akan bereproduksi sehabis mencapai usia tertentu (dewasa) kita tidak dapat memaksakan untuk mempercepat bereproduksi. Menurut pengalaman kami dalam berternak kenari ada 3 faktor yang memilih sukses atau tidaknya kenari ialah :

1. Usia Kenari
Usia yang ideal bagi kenari sekitar 6 bulan keatas untuk kenari betina dan untuk kenari jantan sekitar 8 bulan, walaupun kadang kala ada peternak yang mulai menjodohkan kenari pada usia 4 bulan. Kenapa kami merekomendasikan usia siap ternak kenari pada usia 6 bulan? Karena pada usia 6 bulan alat reproduksi sudah matang. Pada usia 4 nulan sudah dapat diternak tetapi alat reproduksi dan kejiwaan-nya belum bekerja optimal balasannya indukan kenari dapat bereproduksi tetapi anak yang dihasilkan tidak optimal ibarat anak mati dalam telur (tidak menetas), walaupun telur menetas anaknya jarang hidup hingga cukup umur sebab kejiwaan induknya masih labil sehingga belum dapat merawat anaknya dengan baik. Bisa cacat atau anaknya mati dibuang keluar sarang, dan yang paling utama kalau indukan di ternak pada usia dini masa produksi indukan tidak lama.

2. Kesehatan Kenari
Faktor kesehatan juga sangat memilih dalam berternak, dimana kalau kesehatan indukan optimal maka akan meningkatkan libido indukan untuk bereproduksi. Untuk memelihara kesehatan kenari kebersihan sangkar harus diperhatikan. Pakan yang bergizi diselingi dengan proteksi vitamin untuk mencukupi gizi yang tidak ada didalam pakan bijian dan jangan lupa semoga rutin menjemur dipagi hari, sinar matahari pagi sangat bermanfaat buat kesehatan dan dapat meningkatkan libido kenari.

3. Lokasi Sangkar Ternak
Walaupum kenari merupakan burung yang sudah mengalami pengembangan lewat campur tangan insan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Burung kenari dapat cepat mengikuti keadaan dengan banyak sekali lingkungan mulai dari lingkungan kumuh hingga lingkungan elit, mulai dari suhu rendah hingga suhu tinggi tetapi memerlukan kondisi tertentu yang mendekati lingkungan ideal bagi kenari yang akan diternak. Ada beberapa indukan yang sensitif terhadap kondisi sangkar/kandang ternak. Penempatan sangkar ternak diusahakan terlindung dari cuaca luar, kemudian lalang hewan atau serangga.

Bagi teman yang memang pemula jangan takut mencoba ternak kenari kalau masih gagal coba selidiki dari 3 faktor tersebut, faktor apa saja yang masih harus di tingkatkan. Demikian ulasan ini kami sampaikan, semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk berternak kenari.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar