Begini Cara Menjodohkan Kenari Yang Benar

Menjodohkan kenari gotong royong gampang-gampang sulit. Biasanya kenari yang akan dijodohkan bertujuan untuk menghasilkan generasi kenari yang mempunyai sifat unggul dari indukan. Alhasil jikalau proses penjodohan kenari berhasil, maka kenari yang akan dilahirkan mempunyai kualitas, bunyi dan performa kicauan yang jauh lebih baik dari induknya.


Bagi kalangan kicaumania, proses penjodohan kenari memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Tidak simpel menggabungkan kenari betina dan kenari jantan dalam satu kandung, yang sering terjadi malah justru burung menjadi ribut atau bertengkar hingga akibatnya burung enggan kawin.

Nah, untuk menunjang keberhasilan teman dalam menjodohkan kenari, berikut ini akan kami bagikan cara proses menjodohkan burung kenari yang benar biar burung cepat menghasilkan keturunan yang berkualitas.
  1. Cari indukan burung kenari jantan dan betina yang berumur diatas 6 bulan dan pastikan dalam kondisi sehat. Hal tersebut wajib alasannya itu yaitu usia minimal burung kenari siap untuk bertelur. Usahakan jantan berusia 2 atau 3 bulan lebih bau tanah dari betina untuk menghindari telur kosong, kenari tidak mau ngeram, atau anakan menjadi lemah.
  2. Siapkan dua buah sangkar dan tempatkan secara terpisah tapi tetap di dekatkan. Begitu pada ketika penjemuran, sangkar tetap dalam posisi menempel. Bila di sekitar anda ada yang pelihara kenari, usahakan jangan hingga melihat kenari yang lain selama proses penjodohan, alasannya akan mengganggu proses penjodohan.
  3. Untuk urusan pakan selama penjodohan, berikan kenari pakan harian. Sobat sanggup menunjukkan pakan telur puyuh tiap 2 hari sekali dan jangan lupa penjemuran cukup dilakukan selama 2-3 jam saja sehari.
  4. Untuk usang penjodohan ini sanggup berlangsung selama 3 hari, 1 ahad bahkan lebih tergantung dari perawatan harian yang teman lakukan. Makara tetap amati perkembangan kenari sobat, bila sudah saling terlihat meloloh berarti sudah saatnya di satukan dalam satu kandang. Untuk memastikan silahkan teman jauhkan keduanya, sanggup penjodohan berhasil makan keduanya akan saling bernyanyi menyerupai saling memanggil dan terlihat gelisah.
  5. Setelah semuanya siap, satukan burung kenari jantan dan betina dalam satu kandang, sambil perhatikan apakah burung bertengkar hingga saling mencabut bulu, bila menyerupai itu maka segera pisahkan dan itu artinya burung kenari belum siap dijodohkan. Tapi bila terlihat hanya saling gertak maka biarkan saja dan tunggu 2 hingga 3 hari nanti juga rukun.
  6. Selama penjodohan berlangsung, berikan kenari pakan sayuran, dan tulang sotong untuk memenuhi kebutuhan gizi kenari. Dan jangan lupa untuk melaksanakan penjemuran untuk menjaga stamina burung kenari.
Demikianlah tips menjodohkan kenari yang benar. Semoga dengan ini sanggup membantu teman untuk menghasilkan burung kenari yang berkualitas baik dan siap untuk tampil di kontes burung kicauan.

Comments