Cara Biar Lovebird Mempunyai Nafas Panjang Ketika Lomba

Kicausejati.com -Burung lovebird meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal ketika lomba, begitupun juga sebaliknya, meskipun lovebird mempunyai nafas panjang tetapi hanya bisa ngekek pendek-pendek juga tidak akan bisa moncer ketika lomba. Makara antara nafas dan panjang kekean harus seimbang, sebab keduanya saling berkaitan.
 meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal  Cara Agar Lovebird Memiliki Nafas Panjang Saat Lomba
lovebird nafas panjang
Burung lovebird yakni burung yang identik dengan bunyi ngekek yang panjang dan mempunyai bulu yang berwarna indah serta tingkah laris yang menggemaskan. Untuk problem warna bulu, mungkin tidak terlalu signifigan mempengaruhi harga jualnya, akan tetapi untuk kualitas bunyi ngekek panjang dan nafas panjang akan sangat mempengaruhi nilai dan harga jual burung lovebird tersebut. Lovebird yang bisa ngekek panjang dan mempunyai nafas panjang kabarnya harganya bisa mencapai ratusan atau bahkan milyaran rupiah.
BACA JUGA: Cara supaya lovebird bisa ngekek panjang
Pada posting kali ini saya tidak akan membahas mengenai harga burung lovebird, akan tetapi saya akan membahas mengenai cara supaya lovebird mempunyai nafas panjang sehingga bisa ngekek panjang tanpa putus ketika lomba. Dengan demikian lovebird anda akan mempunyai peluang besar menggondol piagam dan penghargaan yang cukup banyak, sehingga akan meningkatkan harga jual burung anda.

Cara supaya lovebird mempunyai nafas panjang

Lovebird yang mempunyai nafas panjang bukan serta merta didapatkan secara instan dengan memberi minuman vitamin atau dopping, melainkan melalui proses panjang yang berupa training dan berawatan lovebird secara intensif dan berkesinambungan. Tips melatih lovebird mempunyai nafas panjang yakni sebagai berikut:

1. Melatih nafas lovebird dengan terapi mandi hujan



 meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal  Cara Agar Lovebird Memiliki Nafas Panjang Saat Lomba
Hujan
Seperti halnya burung cendet atau burung yang lainnya, bahwasanya lovebird juga perlu perawatan terapi mandi hujan, sebab terapi ini dipercaya selain sanggup menstabilkan birahi juga sanggup meningkatkan kualitas nafas lovebird.

Dinginnya air hujan bisa menciptakan lovebird menjadi lebih rileks, sehingga akan sangat bermanfaat bagi performa lovebird, selain itu terapi mandi hujan juga dipercaya bisa menghilangkan stress, meningkatkan stamina, penstabil birahi, dan penenang lovebird
BACA JUGA: Manfaat terapi mandi hujan bagi cendet

 2. Melatih nafas lovebird dengan terapi berenang



 meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal  Cara Agar Lovebird Memiliki Nafas Panjang Saat Lomba
bak terapi berenang lovebird
Terapi lovebird ini mungkin agak terdengar asing ditelinga anda, akan tetapi pada kenyataannya banyak lovebird mania yang menerapkan terapi berenag lovebird ini. Sebab terapi berenang dipercaya bisa meningkatkan nafas dan stamina lovebird.

Seperti halnya insan yang rajin berolah raga renang tentu akan mempunyai nafas yang panjang dan akan lebih terjaga kesehatannya. Begitu pula dengan burung lovebird, bila rajin dilakukan terapi berenang ini, maka tidak tidak mungkin bila lovebird anda akan mempunyai nafas panjang diatas rata-rata.

Dalam melaksanakan terapi berenang ini anda tidak perlu menceburkan burung kedalam kolam renang yang sesungguhnya, sebab justru burung lovebird bisa mati. Caranya adalah, anda cukup menyiapkan kolam yang diisi dengan air higienis hingga kira-kira burung lovebird bisa berendam hingga sebatas leher. Semprot lovebird dengan memakai sprayer dan jangan terlalu basah, ini bertujuan supaya lovebird kesayangan anda tidak kaget ketika diceburkan kedalam kolam renang.

Ceburkan lovebird kedalam kolam renang dan biarkan berenang kesana-kemari selama kurang lebih 5-10 menit saja, jangan terlalu usang supaya burung tidak kedinginan dan kelelahan. Lakukan terapi berenang tersebut pada pagi hari ketika matahari menjelang terbit. Jangan melaksanakan terapi berenang pada sore hari atau pada ketika cuaca hujan atau mendung.

Saat melaksanakan terapi berenang, pastikan anda menjaga dan mengawasi burung kesayangan anda supaya tidak dimakan hewan lain menyerupai kucing, ular, anjing, ayam, dan lain sebagainya. Setelah dirasa cukup, kemudian pindahkan lovebird kedalam sangkar, biarkan didis dan mengepak-ngepakkan sayapnya sambil dijemur selama kurang lebih 1 jam.

Lakukan terapi berenang tersebut setiap 3 hari sekali supaya burung lovebird anda mempunyai nafas panjang dan tidak gampang ngedrop ketika lomba.

3. Melatih nafas lovebird dengan terapi mandi berair kuyup



 meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal  Cara Agar Lovebird Memiliki Nafas Panjang Saat Lomba
lovebird mandi basah
Sudah merupakan diam-diam umum bahwa dalam memandikan lovebird harus hingga berair kuyup. Ini bahwasanya prinsipnya hampir sama dengan terapi berenang dan terapi mandi hujan, perbedaannya hanyalah terletak pada cara dan alat yang digunakan.

Terapi mandi hingga berair kuyup ini dilakukan dengan cara menyemprot burung dengan sprayer hingga berair kuyup, atau hingga lovebird benar-benar mandi dengan puas. Dalam penyemprotan sebaiknya memakai settingan embun dan memperhatikan jarak penyemprotan, tujuannya yakni supaya tidak merusak bulu burung dan tidak menyakiti lovebird kesayangan anda. Ini merupakan salah satu cara supaya lovebird mempunyai nafas panjang dan telah banyak dilakukan oleh para lovebird mania.

4. Melatih nafas lovebird memakai sangkar umbaran


 meskipun bisa ngekek panjang tapi mempunyai nafas yang pendek akan terasa kurang maksimal  Cara Agar Lovebird Memiliki Nafas Panjang Saat Lomba
Kandang umbaran lovebird
Burung lovebird bahwasanya juga menyerupai manusia, yaitu membutuhkan olah raga dan gerak tubuh. Orang yang sering berolah raga lari, niscaya akan mempunyai nafas yang panjang, begitu juga dengan lovebird. Dengan mengajarkan lovebird supaya terbang kesana-kemari didalam sangkar umbaran, maka secara otomatis lovebird akan mempunyai nafas yang panjang, stamina yang prima, dan mempunyai otot yang kuat.

Penggunaan sangkar umbaran ini sangat disarankan sekali, khususnya untuk lovebird lomba. Karena pada ketika lomba, lovebird dituntut untuk bekerja secara maksimal mengeluarkan semua kemampuan yang tentunya akan banyak menguras tenaga. Makara sangkar umbaran ini hukumnya wajib bagi lovebird yang sering dilombakan.

Itulah beberapa cara supaya lovebird mempunyai nafas panjang ketika lomba, sehingga bisa ngekek panjang tanpa sering ngetem atau istirahat. Jika anda rutin melaksanakan terapi-terapi diatas, kemungkinan besar lovebird anda akan memilik nafas yang panjang dan stamina yang prima. Semoga bermanfaat.


Comments